Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beredar Framing Negatif, Rekayasa Foto Puan Maharani Susun Bata Merah Tak Beraturan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 07 Oktober 2022, 18:57 WIB
rmol news logo Sebuah potret memperlihatkan Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani sedang memegang ember berisi semen beredar di media sosial.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam foto tersebut, Puan digambarkan sedang menyusun bata merah dengan menggunakan semen. Namun yang menjadi sorotan, bata merah yang disusun terlihat tidak beraturan dan tidak simetris.

Usut punya usut, foto yang juga tersebar di aplikasi perpesanan tersebut ternyata sudah dilakukan proses editing yang seakan sengaja ingin menjatuhkan citra putri Megawati Soekarnoputri ini.

Penelusuran redaksi, foto asli sebelum proses editing diambil saat acara peletakan batu pertama pembangunan Kantor DPC PDIP Wonogiri, Selasa, 26 April 2022 silam.

Dalam foto aslinya, Puan memang sedang memegang ember berwana oranye berisi campuran pasir dan semen menggunakan tangan kiri, sedangkan tangan kanan memegang sendok semen.

Kondisi lahannya pun berbeda. Jika foto hasil editing yang beredar memperlihatkan tumpukan bata merah tak beraturan, foto asli hanya ada bebatuan dan tanah yang sudah dikeruk, tanpa ada tumpukan bata merah. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA