Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Edy Rahmayadi Serahkan Hibah GOR Rp 9 Miliar dan Bonus Atlet Rp 3 Miliar

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 08 Oktober 2022, 04:48 WIB
Edy Rahmayadi Serahkan Hibah GOR Rp 9 Miliar dan Bonus Atlet Rp 3 Miliar
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyerahkan bonus kepada Atlet Paralimpik Sumatera Utara/Ist
  Memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyerahkan hibah Gelanggang Olahraga (GOR) ke Kabupaten Pakpak Bharat senilai Rp 9 Miliar.

Juga memberikan bonus kepada atlet dan pelatih paralimpik yang berprestasi dengan total Rp 3 Miliar, serta penghargaan kepada pembina, wasit, dan instansi yang memberikan dukungan besar untuk olahraga.

Penyerahan bonus dan GOR ini dilakukan usai upacara peringatan Haornas ke-39 di lapangan Astaka Jalan Willem Iskandar/Pancing, Kabupaten Deliserdang, Kamis (6/10).

Dia berharap GOR, bonus dan penghargaan yang diberikan dapat membuat para atlet, pelatih dan semua yang bergerak di bidang olahraga semakin terpacu.

“Ini bukan akhir, perjuangan atlet, pelatih, pembina dan semuanya terus berlanjut untuk meningkatkan prestasi Sumut, nasional maupun internasional,” terang Edy Rahmayadi dikutip dari Kantor Berita RMOLSumut, Jumat (7/10).

Bonus ini diberikan kepada para atlet paralimpik, pelatih, pembina, dan wasit yang berprestasi. Sedangkan hibah GOR bertujuan untuk meningkatkan sektor olahraga di Pakpak Bharat, karena selama kabupaten ini terbentuk 2003 belum memiliki gelanggang olahraga yang memadai.

“Kita harap GOR ini dimanfaatkan secara maksimal, karena tidak sedikit juga atlet kita yang berasal dari sana. Bukan hanya untuk olahraga, tetapi juga bisa menghidupkan kawasan sekitar GOR sehingga membantu perekonomian masyarakat,” ungkap Edy.

Atlet paralimpik Sumut menorehkan catatan yang membanggakan di Asean Para Game, mereka berhasil menyumbangkan 53 medali saat Asean Para Games 2022 yang terdiri dari 24 emas, 18 perak dan 11 perunggu. Kontribusi Sumut cukup besar membantu Indonesia menjadi juara umum pada event yang diselenggarakan di Solo tersebut.

Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan raihan 419 medali (171 emas, 138 perak, 110 perunggu), itu berarti sekitar 14% medali emas yang diraih Indonesia berasal dari atlet-atlet Sumut. “Kita patut berbangga atas prestasi yang ditorehkan atlet-atlet kita di Asean Para Games, tentu ini akan menjadi pemacu kita untuk bisa berbuat lebih lagi kedepannya,” kata Edy.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Tuahta Ramajaya Saragih mengatakan akan terus memberikan dukungan untuk pengembangan atlet-atlet Sumut. Bahkan saat ini Pemprov Sumut terus bekerja untuk mencari bibit-bibit terbaik bidang olahraga, untuk dikembangkan menjadi atlet profesional, sesuai skema Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Kita bersyukur pemimpin Sumut memiliki kepedulian yang tinggi pada bidang olahraga, kita terus bekerja untuk meningkatkan olahraga Sumut dari atlet, fasilitas, kualitas pelatih dan lainnya,” kata Tuahta.

Hadir pada acara peringatan Haornas 2022 di Lapangan Astaka Pancing Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, serta unsur Forkopimda lainnya. Hadir juga Ketua Koni Sumut John Ismadi Lubis, OPD terkait Pemprov Sumut, pengurus cabor dan pegiat olahraga.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA