Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan Heru, Tapi Bahtiar yang Paling Diharapkan Publik Jakarta jadi Pj Gubernur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Minggu, 09 Oktober 2022, 02:59 WIB
Bukan Heru, Tapi Bahtiar yang Paling Diharapkan Publik Jakarta jadi Pj Gubernur
Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar, lebih diinginkab publik ibukota jadi Pj Gubernur DKI/Ist
rmol news logo Nama Bahtiar mencuat di tengah isu terpilihnya Heru Budi Hartono sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta. Nama terakhir ini santer dikabarkan terpilih berdasarkan hasil sidang Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

Namun siapa sangka, justru sosok Bahtiar yang paling diharapkan publik Jakarta untuk menggantikan kursi Gubernur Anies Baswedan.

Sebagaimana yang terungkap dalam hasil survei yang dilakukan Lembaga Riset Publik (LRP) baru-baru ini.

“Dari tiga nama yang telah diusulkan DPRD DKI, Bahtiar mendapat respons tertinggi untuk rekomendasi publik, yaitu 37,6 persen. Disusul Marullah Matali 23,4 persen, dan Heru Budi Hartono 7,3 persen,” kata peneliti Lembaga Riset Publik (LRP), Arwan Pranata, saat konferensi pers, Sabtu (8/10).

Arwan menjelaskan, setidaknya terdapat dua faktor yang membuat harapan publik terhadap Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri itu lebih tinggi dibandingkan dua nama lain.

Bahtiar, jelasnya, dianggap sosok yang netral dari kepentingan politik serta steril dari polarisasi politik.

“Jadi publik Jakarta lebih memerhatikan dua faktor itu termasuk soal politik identitas, kalau aspek seperti pengalaman ketiganya dianggap sama-sama berpengalaman,” ungkapnya.

Dia menambahkan, jawaban publik cenderung konsisten ketika dibuat simulasi pertanyaan yang mengandaikan responden memiliki hak suara untuk memilih Pj Gubernur.

Hasilnya, sebanyak 41,5 persen responden memilih Bahtiar, 26,2 persen Marullah Matali, dan 7,3 persen Heru Budi Hartono.

“Dari hasil ini maka nama Bahtiar jadi figur yang paling direkomendasikan publik untuk jadi Penjabat Gubernur DKI,” tegasnya.

Survei LRP dilakukan dengan wawancara tatap muka terhadap 600 responden, dari populasi survei seluruh warga DKI yang berumur 17 tahun ke atas atau lebih atau yang sudah menikah.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error plus minus 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Perlaksanaan survei pada tanggal 20 sampai 24 September 2022. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA