Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadiri Siraman Gong Pradah, Cak Imin Minta Pemerintah Jadikan Agenda Wisata Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Minggu, 09 Oktober 2022, 21:12 WIB
Hadiri Siraman Gong Pradah, Cak Imin Minta Pemerintah Jadikan Agenda Wisata Nasional
Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar (blangkon cokelat putih) saat hadiri rangkaian acara siraman Gong Pradah/Ist
rmol news logo Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengapresiasi semangat masyarakat Blitar yang kokoh mempertahankan tradisi dan budaya asli, seperti upacara adat siraman Gong Kyai Pradah. Acara Siraman itu dilakukan di Alun-alun Lodoyo, Kabupaten Blitar yang digelar Minggu (9/10).

Pria yang karib disapa Cak Imin mengaku kaget dengan antusiasme masyarakat Blitar dalam mengambil makna di balik upacara adat siraman Gong Kiai Pradah.

Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra ini mengaku bahagia atas semangat ribuan masyarakat mengikuti upacara adat yang rutin digelar setiap tahun tersebut. Apalagi, dalam rangkaian acara itu diiiringi dengan bacaan shalawat.

"Doa moga-moga semua tujuan harapan masyarakat di sini dan seluruhnya terkabul dan sukses. Termasuk saya berdoa kepada Allah semoga Bupatinya sukses, masyarakat Blitar makmur, masyarakat Blitar sejahtera," demikian kata Cak Imin di tengah rangkaian acara siraman.

Cak Imin berharap even ersebut lebih diperhatikan lagi oleh Pemerintah pusat. Ia mendorong upacara adat siraman Gong Kyai Pradat bisa menjadi even pariwisata nasional.

"Dan yang menarik ini even yang rutin dan telah berlangsung sangat lama, karena itu saya berharap ini menjadi salah satu agenda pariwisata nasional yang memang memberikan kemajuan wisata termasuk meningkatkan kemajuan UMKM kita," ujar Cak Imin.

"Saya mengundang seluruh masyarakat Indonesia tahun depan kita ketemu lagi di upacara adat siraman Gong Kyai Pradah," sambung keponakan Gus Dur ini.

Dalam acara itu, Cak imin didampingi Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Bupati Blitar Rini Syarifah, Wabup Blitar Rahmat Santoso, Anggota DPR RI FPKB M Hasanuddin Wahid dan Anggia Ermarini, serta ribuan masyarakat Blitar dan sekitarnya.

Gong Kyai Pradah merupakan pusaka keramat yang ada di Kabupaten Blitar. Gong Kyai Pradah ini rutin disucikan setiap tahunnya di Bulan Maulid. Tahun ini siraman Gong Kiai Pradah digelar Minggu 9 Oktober 2022.

Gong Kiai Pradah dulunya bernama Kiai Bicak. Gong tersebut merupakan pusaka milik Panembahan Senopati, Raja Pertama Mataram Islam. Pusaka Gong Kiai Pradah ini berasal dari Ki Ageng Selo, seorang keturunan Majapahit yang terkenal sakti.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA