Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masa Jabatan Walikota Semarang Habis Hari Ini, Hendrar Prihadi Langsung Dilantik Jokowi jadi Kepala LKPP

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 10 Oktober 2022, 13:13 WIB
Masa Jabatan Walikota Semarang Habis Hari Ini, Hendrar Prihadi Langsung Dilantik Jokowi jadi Kepala LKPP
Hendrar Prihadi dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala LKPP/RMOL
rmol news logo Sosok yang mengisi kursi kosong Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang ditinggal Abdullah Azwar Annas setelah ditunjuk menjadi Menpan RB menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo akhirnya terjawab.

Menariknya, figur yang dilantik Jokowi menjadi Kepala LKPP ini juga merupakan kader PDI Perjuangan seperti dirinya dan juga Azwar Annas. Sosok itu adalah Hendrar Prihadi, Walikota Semarang, Jawa Tengah 2 periode.

Untuk mengangkat Hendrar, Jokowi meneken Keputusan Presiden (Kepres) 125/TPA/2022 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

"Mengangkat Sdr. Hendrar Prihadi sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah terhitung sejak saat pelantikan," bunyi petikan Kepres itu yang ditetapkan pada tanggal 10 Oktober 2022 tersebut.

Usai pembacaan Kepres oleh Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Kabinet Farid Utomo, Jokowi langsung memimpin pengambilan sumpah jabatan oleh Hedrar.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ujar jokowi mengeja petikan sumpah yang kemudian diikuti Hendrar, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin pagi (10/10).

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela.” demikian sambung Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Hendrar sebagai Kepala LKPP ini bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan dia sebagai Walikota Semarang.

Hendrar merupakan merupakan pejabat dua periode Walikota Semarang. Ia terhitung menjabat sejak 17 Februari 2016.

Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Semarang periode 2013-2015 dan Wakil Walikota periode 2010-2013.

Pria kelahiran 30 Maret 1971 ini juga tercatat pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah periode 2009-2014 dari PDIP.

Dalam pelantikan ini turut hadir Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian,Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA