Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

10 November, Partai Buruh Bakal Gelar Aksi Besar-Besaran di Patung Kuda

LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA
  • Rabu, 12 Oktober 2022, 18:26 WIB
10 November, Partai Buruh Bakal Gelar Aksi Besar-Besaran di Patung Kuda
Presiden Partai Buruh Said Iqbal/RMOL
Aksi massa dari berbagai elemen buruh yang bernaung dalam Partai Buruh akan menggelar aksi pada 10 November 2022 mendatang.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal bahkan menyebut setengah dari jumlah buruh yang ada di pabrik di wilayah Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta bakal turun ke Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Gambir, Jakarta Pusat.

"Pada tanggal 10 November 2022, setengah dari pabrik akan kami turunkan ke Jakarta, itu berarti bisa raturan ribu setengah dari pabrik Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta kami akan turun ke Jakarta," kata Said di dekat Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (12/10).

"Boleh jadi ada yang cuti mungkin, bisa jadi ada yang ganti hari, bahkan boleh ada yang mendapatkan kompensasi," imbuhnya.

Bahkan, bila tuntutan para buruh tidak didengar, pertengahan Desember mendatang buruh bakal mengancam mogok kerja dan produksi.

"Setengah itu berarti ratusan ribu, pabrik di Cikarang, pabrik di kawasan Tangerang akan tutup setengah akan datang ke Jakarta, dan itu juga bila tak didengar, pertengahan Desember 2022 stop produksi 3 juta sampai 5 juta buruh kami akan melakukan mogok nasional," kata Said.

Adapun, massa dari Partai Buruh terdapat enam tuntutan. Pertama, tolak kenaikan harga BBM, kedua tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Ketiga naikkan upah buruh tahun 2023 sebesar 13 persen, keempat tolak ancaman Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di tengah ancaman resesi global 2023, kelima reformasi agraria dan terakhir.

ARTIKEL LAINNYA