Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kata Awiek PPP, Usulan Pileg Tertutup untuk Hindari Praktik Money Politic

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 14 Oktober 2022, 18:51 WIB
Kata Awiek PPP, Usulan Pileg Tertutup untuk Hindari Praktik <i>Money Politic</i>
Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi/Net
rmol news logo Usulan pemilihan legislatif (Pileg) sistem tertutup disambut positif oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Alasan PPP, usulan sistem tersebut akan meminimalisir praktik politik uang.

“Saya kira itu usulan yang bagus, partai politik bisa menyeleksi kader-kader di Parlemen,” ucap Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (14/10).

Pria yang akrab disapa Awiek ini mengatakan, rivalitas antara calon legislatif sangat kuat di tengah masyarakat. Sehingga sistem yang saat ini berlaku mendorong untuk melakukan "serangan fajar" ke masyarakat agar dapat duduk di Senayan.

"Harus diakui ketika maju Pileg dengan suara terbanyak memang menghasilkan representasi suara rakyat. Di sisi lain, terjadinya praktik money politic di lapangan itu tidak bisa dihindari, karena semua berlomba-lomba,” katanya.

Menurutnya, Pileg tertutup efektif untuk menempatkan para wakil rakyat di Senayan dari kader terbaik partai politik.

"Terkait dengan Pileg tertutup itu, bisa melakukan seleksi sehingga orang yang duduk di Parlemen benar-benar orang yang terseleksi dari internal partai,” katanya.

Namun demikian, Anggota Komisi VI DPR RI menilai pelaksanaan Pileg tertutup perlu dilakukan kajian mendalam agar tidak bertentangan dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait UU Pemilu.

"Apakah tidak bertentangan dengan putusan Mahkamah Konstitusi? Karena MK yang memutuskan suara terbanyak, dalam menyusun UU tidak boleh betentangan dengan putusan MK,” tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA