Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kalau Tak Ingin Dianggap Main-main, KIB Harus Usung Capres dari Ketum Masing-masing

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 16 Oktober 2022, 16:23 WIB
Kalau Tak Ingin Dianggap Main-main, KIB Harus Usung Capres dari Ketum Masing-masing
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)/Net
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dianggap hanya bermain-main, jika tidak percaya diri untuk mengusung calon presiden dari ketua umum masing-masing.  

"KIB semestinya punya keberanian dan pede angkat Ketum partainya sebagai capres. Jika tidak jadikan ketum masing-masing sebagai capresnya, lalu kenapa bentuk koalisi?" kata Direktur Gerakan Perubahan, Muslim Arbi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (16/10).

Karena menurut Muslim, pembentukan koalisi didasarkan pada keyakinan dan percaya diri dengan kalkulasi untuk mengusung capres dari para ketumnya, baik dari Partai Golkar, PPP, maupun PAN.

"Jika tidak, koalisi itu dianggap main-main. Dan dianggap hanya sebagai ornamen belaka," kata Muslim.

Muslim menilai, dengan mengusung ketum dari KIB sebagai capres, maka diyakini akan meredam perbedaan pendapat di akar rumput untuk mendeklarasikan pencapresan terhadap Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

"Terjadinya kader di akar rumput deklarasikan Anies dan Ganjar, bisa jadi karena ketum masing-masing yang bentuk KIB itu kurang dianggap oleh kekuatan akar rumput. Dan bisa dianggap ketumnya gagal," pungkas Muslim.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA