Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tunda Deklarasi Capres Realistis, Daya Tawar KIB Makin Kuat pada Calon Potensial

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 17 Oktober 2022, 04:17 WIB
Tunda Deklarasi Capres Realistis, Daya Tawar KIB Makin Kuat pada Calon Potensial
Tiga Ketua Umum partai Koalisi Indonesia Bersatu/RMOL
rmol news logo Paska pernyataan politik Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bahwa deklarasi calon presiden September 2023 mendatang, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dinilai memutuskan sebuah sikap realistis.

Demikian pandangan Direktur Riset Indonesia Presidential Studies (IPS), Arman Salam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (16/10).

Menurut Arman, setidaknya ada tiga analisa terkait pernyataan Airlangga soal waktu deklarasi Capres itu. Pertama, tokoh dalam KIB sampai saat ini masih belum ada yang moncer elektabilitasnya.

Dengan menunda keputusan, KIB punya waktu untuk menggenjot jagoannya untuk diusung dalam kontestasi pemilhan presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

"Kedua KIB akan semakin seksi dengan peta yang pastinya semakin mengkerucut dan solid menjelang kontestasi jadi bargaining-nya akan semakin kuat terhadap calon potensial," demikian analisa Arman.

Selain itu, analisa ketiga, arahnya semakin jelas jika Ganjar tidak diusung PDIP. Dengan demikian, KIB dimungkinkan akan merapat kepada Ganjar. Dengan catatan, kata Arman, jika jagoan yang disiapkan oleh KIB elektabilitasnya berjalan di tempat.

Meski demikian, Arman mengatakan bahwa tiga argumentasi yang disampaikan hanya bisa berjalan jika KIB tidak bubar.  

"Dari ketiga partai yang berkoalisi (KIB) mulai bunyi jagoannya masing-masing apakah ini strategi menyebar kaki atau memang tidak ada instruktur yang kuat sebagai nahkoda koalisi," pungkas Arman.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA