Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Pigai: Indonesia Sudah di Titik Nadir, Para Pemimpin Pertontonkan Kepongahan

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 21 Oktober 2022, 16:39 WIB
Pigai: Indonesia Sudah di Titik Nadir, Para Pemimpin Pertontonkan Kepongahan
Aktivis Natalius Pigai dalam diskusi bertajuk "Indonesia Dalam Belantara Benturan Kepentingan"/RMOL
Situasi dan kondisi bangsa Indonesia sudah berada pada titik yang megkhawatirkan.

Hal tersebut disampaikan mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Natalius Pigai dalam diskusi publik bertajuk "Indonesia Dalam Belantara Benturan Kepentingan" yang digelar di Sekretariat PMII, di Kawasan Senen, Jakarta Pusat, Jumat (21/10).

"Bahwa hari ini bangsa Indonesia berada di titik nadir," ujar Pigai.

Aktivis HAM asal Papua ini menuturkan, potret negara sudah berada di titik nadir sangat kentara dari mental pimpinan negara yang mengendalikan pemerintahan saat ini.

"Perilaku pongah yang dipertontonkan pemimpin sudah di titik di mana pemimpin hadir menerkam rakyat, titik di mana Pancasila dan simbol-simbol negara bangsa dipandang sebagai artistik simbolisme tanpa perwujudan substansial," paparnya.

Selain itu, Pigai juga menyampaikan kondisi masyarakat saat ini di tengah watak para pemimpinnya yang justru memperlihatkan sikap tak mengayomi.

"Pemimpin menggadaikan negeri ini kepada pasar. Indonesia sudah tergadai pada komprador penguasa modal kekuasaan asing dan aseng pemilik uang," demikian Pigai.

Dalam diskusi ini, turut hadir Managing Director Political Economy and Policy Studies (PEPS), Anthony Budiawan dan Dosen Universitas Negeri (UNJ), Ubedillah Badrun sebagai pembicara.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA