Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

NFA Gelar Pangan Nusantara 2022, Wapres: Ini Menjadi Komitmen Indonesia Berdaulat

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 22 Oktober 2022, 20:29 WIB
NFA Gelar Pangan Nusantara 2022, Wapres: Ini Menjadi Komitmen Indonesia Berdaulat
Wakil Presiden Maruf Amin/Net
Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-42 digelar Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) untuk menumbuhkan kepedulian dan semangat memperkuat ketahanan pangan nasional.

Pembukaan acara Gelar Pangan Nusantara (GPN) 2022 ini dihadiri Wakil Presiden Maruf Amin secara virtual, dan juga dihadiri secara langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Sabtu (22/10).

Dalam sambutannya, Maruf Amin berharap pelaksanaan GPN 2022 bisa menjadi titik pijak untuk membangun sinergi dalam pengembangan sistem pangan nasional.

"Agar tema GPN ini, 'Bersama Wujudkan Pangan Kuat, Indonesia Berdaulat' menjadi komitmen bersama untuk melaksanakan pengelolaan pangan yang lebih baik ke depan," ujar Maruf.

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi mengatakan, tema yang diangkat GPN tahun ini merepresentasikan semangat serta ajakan kepada masyarakat dan seluruh stakeholder pangan untuk bersama-sama mewujudkan ketahanan pangan sebagai pilar bagi tegaknya kedaulatan negara.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin menjadikan Hari Pangan Sedunia sebagai momentum untuk mengisi kembali semangat kita dalam membangun dan memperkuat pangan nasional," ucap Arief

Maka dari itu, dia memastikan GPN 2022 ini dimanfaatkan NFA dengan menggelar Sejumlah kegiatan yang bersifat edukatif melalui berbagai lomba yang mendorong keratifitas tapi tidak terlepas dari nuansa hiburan.

"Di mana keseluruhannya mengandung pesan dan kampanye seputar penguatan pangan,” sambungnya mengungkapkan.

Arief mengatakan, sejumlah kampaye yang terus disuarakan NFA dalam peringatan Hari Pangan Sedunia ini diantaranya Gerakan Makan Enak, Makan Sehat, Makan B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) yang secara sederhana tercermin melalui komposisi makanan di dalam piring.

"Di mana, 1/3 dari isi piring adalah makanan pokok, tidak harus nasi, 1/3 lainnya adalah sayur mayur, 1/6 lauk pauk, dan 1/6 buah-buahan," urai Arief.

"Komposisi ini untuk memenuhi standar Pola Pangan Harapan (PPH) dan standar Angka Kecukupan Energi," sambungnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dalam sambutannya mengatakan, GPN menjadi ajang untuk mengelorakan semangat mendukung program ketahanan pangan.

"Melalui acara hari ini, mari kita gelorakan semangat, mendukung program Badan Pangan Nasional untuk menjadikan pangan nusantara lebih terjamin baik dari baik dari suplai maupun permintaan,” tuturnya menambahkan.

Adapun Rektor Universitas Brawijaya, Widodo menyambut baik pelaksanaan GPN di Kampus Universitas Brawijaya. Menurutnya, Universitas Brawijaya siap mendukung program ketahanan pangan nasional melalui pengembangan inovasi dan teknologi.

Pelaksanaan GPN ini digelar selama tiga hari sejak tanggal 21 hingga 23 Oktober 2022, di Kampus Universitas Brawijaya, Malang. 

ARTIKEL LAINNYA