Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Safari ke Ponpes, Muzani: Berjuang di Politik, Perlu Bimbingan Kiai dan Ulama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 24 Oktober 2022, 22:45 WIB
Safari ke Ponpes, Muzani: Berjuang di Politik, Perlu Bimbingan Kiai dan Ulama
Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani di Ponpes Suryalaya Tasikmalaya/Ist
rmol news logo Partai Gerindra lanjutkan safari ke sejumlah pondok pesantren di Tasikmalaya dan Ciamis, Jawa Barat. Kali ini, kunjungan dilakukan ke Ponpes Sulalatul Huda Tasikmalaya, Ponpes Anharul Ulum Kawali Ciamis, Ponpes Darussalam Ciamis, Ponpes Miftahul Huda Utssmaniah Ciamis, dan Ponpes Suryalaya Tasikmalaya.

Dikatakan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, kunjungan silaturahmi ini dalam rangka memperingati Hari Santri. Kepada pengasuh ponpes, dia menyampaikan salam hormat dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang belum bisa hadir langsung.

Sambungnya, melalui silaturahmi ini insyaAllah akan memperkuat kedekatan Prabowo dengan kiai dan ponpes yang selama ini telah terjalin.

"Sebagaimana pesan Pak Prabowo kepada kami-kami ini untuk selalu dekat dengan ulama. Karena berjuang di jalur politik perlu bimbingan dan arahan dari orang-orang yang menjadi mata hati rakyat yaitu para kiai, ajengan dan ulama," ujar Muzani, Senin (24/10).

Menurutnya, penting bagi partai politik untuk menjalin hubungan dan belajar dengan para pimpinan ponpes. Karena sejatinya pimpinan ponpes adalah orang yang sudah selesai dengan pribadinya.

Begitu juga sebagai lembaga pendidikan, kata Wakil Ketua MPR RI ini, ponpes turut andil mencerdaskan kehidupan bangsa. Mereka mengambil peran apa yang menjadi tanggung jawab negara.

"Kiai pondok pesantren pada umumnya adalah orang-orang yang sudah selesai dengan dirinya sendiri. Dan sisa masa hidupnya dilakukan hanya untuk pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara," pungkasnya.

Rombongan Gerindra yang dipimpin dalam safari itu juga menyempatkan berziarah ke makam Abah Anom di Suryalaya, Tsikmalaya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA