Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

KPU Pastikan Verifikasi Faktual Tetap Jalan Meski Ada Bencana Alam

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 28 Oktober 2022, 11:46 WIB
KPU Pastikan Verifikasi Faktual Tetap Jalan Meski Ada Bencana Alam
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Holik/Net
Tahapan verifikasi faktual (verfak) yang telah berjalan sejak 15 Oktober 2022 dipastikan tetap berjalan meski beberapa daerah terjadi bencana alam akibat cuaca ekstrem.

"Sampai saat ini pelaksanaan verfak berjalan lancar dengan arti tidak ada gangguan yang berarti, walaupun di beberapa tempat terjadi banjir," kata Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Holik kepada wartawan, Jumat (28/10).

Koordinator Divisi Teknis Peyelenggaraan Pemilu ini mengurai, contoh konkret pelaksanaan verfak yang terdampak banjir terjadi di beberapa kabupaten/kota wilayah Provinsi Aceh.

"Kami sampaikan kepada rekan-rekan, mohon mengalihkan orientasi verfak keanggotaan di tempat yang dipastikan tidak terkena banjir," sambungnya menjelaskan.

Di samping itu, Idham juga memastikan pelaksanaan verfak tidak akan mengubah jadwal tahapan yang sudah ditetapkan KPU RI meski di tengah cuaca yang tidak menentu.

Sebab dia melihat, kerja-kerja verfak KPU Kabupaten/Kota dibantu oleh sejumlah instansi pemerintah, sehingga bencana alam bisa segera tertanggulangi dan proses verfak tetap berjalan sesuai waktunya.

"Rekan-rekan (KPU Kabupaten/Kota) melakukan itu dan ternyata banjir cepat surut. Saya bilang tolong pantau situasinya, karena saya yakin berkaitan dengan situasi banjir juga sudah diantisipasi oleh mereka," tuturnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA