Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Din Syamsuddin Kenang Azyumardi Azra Ketika Mendapat Beasiswa Pendidikan ke Amerika Serikat

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 28 Oktober 2022, 21:54 WIB
Din Syamsuddin Kenang Azyumardi Azra Ketika Mendapat Beasiswa Pendidikan ke Amerika Serikat
Mantan Ketua MUI Din Syamsuddin/Net
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar acara peluncuran buku Profesor Azyumardi Azra yang berjudul "Melepas Sang Muazin Bangsa" di Gedung Dewan Pers, Jumat malam (28/10).

Mantan Ketua MUI Din Syamsuddin menuturkan, peluncuran itu sangat bermakna karena bertepatan dengan 40 hari meninggalnya Azyumardi Azra.

Din Syamsuddin pun memberikan apresiasi kepada PWI dan Dewan Pers atas inisiatifnya dengan menggelar peringatan 40 hari Azyumardi Azra dengan melakukan peluncuran buku tersebut.

"Selain karena almarhum yang kita peringati kewafatannya 40 hari yang lalu juga saya ikut memberikan apresiasi kepada PWI juga Dewan Pers atas inisiatif ini,” kata Din Syamsuddin yang hadir secara virtual.

Dia terkenang ketika sama-sama di bangku kuliah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta bersama Azyumardi Azra yang sudah dia anggap sebagai saudara.

“Saya lebih menganggapnya bukan hanya seorang sahabat, tetapi seorang saudara yang sangat dekat di hati kami sama-sama memulai pendidikan tinggi di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 76, beliau di Fakultas Tarbiyah, saya di Fakultas Ushuluddin,” katanya.

Cendikiawan muslim Indonesia ini menceritakan ihwal beasiswa ke Amerika Serikat yang didapat dari Menteri Agama di tahun 70an bersama Azyumardi Azra.

"Sejak itulah hingga sama-sama dikirim ke Amerika Serikat oleh pemerintah khususnya Menteri Agama Munawir Syadzali. Kami sangat-sangat dekat sekali,” ucapnya.

“Walaupun saya di pantai barat di Ucla, beliau di pantai timur New York, tapi sering berkomunikasi lewat telepon, belum ada HP waktu itu dan belum juga ada email,” imbuhnya.

Dia juga mengenang pada masa era reformasi hampir setiap pekan bersama Azyumardi Azra ke Gedung PWI.

“Teringat tahun 1994 sampai era reformasi saya menjadi anggota Dewan Kehormatan PWI dan sering setiap pekan bersidang di dalam kantor Dewan Pers sekarang Kebon Sirih dan juga terkait dengan almarhum,” tutupnya.

ARTIKEL LAINNYA