Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fahri Hamzah Anggap Erick Thohir Tidak Paham saat Bilang “Presiden Orang Jawa”

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 01 November 2022, 10:49 WIB
Fahri Hamzah Anggap Erick Thohir Tidak Paham saat Bilang “Presiden Orang Jawa”
Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah/Net
rmol news logo Pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir yang menyebut bahwa presiden RI terpilih setelah Joko Widodo (Widodo) di 2024 pasti orang Jawa, dinilai tidak etis.

Pasalnya, pernyataan tersebut bernuansa kesukuan yang itu notabene adalah politik identitas dan itu dilontarkan oleh seorang pejabat publik.

Begitu kata Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah dalam sebuah podcast di kanal YouTube Inilahcom bertajuk “Presiden Berikutnya Orang Jawa?” dikutip Selasa (1/11).

“Tidak etis dia (Erick Thohir) melakukan itu. Kalau orang lain mungkin bisa dipersoalkan secara hukum ya. Paling tidak ya tidak etis,” kata Fahri Hamzah.

Namun begitu, Fahri Hamzah menilai Erick Thohir tidak paham atas apa yang diucapkannya tersebut yang padahal itu bernada kesukuan atau politik identitas.

“Saya lebih mengatakan dia (Erick Thohir) kayaknya enggak paham,” cetusnya.

Sebab, kata Fahri, Erick Thohir akan sangat sulit memahami tema yang sangat rumit tentang filsafat, sejarah negara, sejarah konstitusi, hingga UUD 1945 dianggap remeh tentang persamaan hak setiap warga negara Indonesia.

“Karena sekali lagi, seluruh anak bangsa itu dijamin peluang yang sama, baik itu konstitusi Pasal 27 UUD 1945 tegas mengatakan segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan itu dengan tanpa ada kecualinya,” kata Fahri.

“Kalau itu sudah selesai, kita tidak boleh lagi persoalkan itu,” demikian Mantan Wakil Ketua DPR RI ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA