Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jamiluddin Ritonga: Jokowi Bukan Dukung Prabowo jadi Capres 2024

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Minggu, 06 November 2022, 10:31 WIB
Jamiluddin Ritonga: Jokowi Bukan Dukung Prabowo jadi Capres 2024
Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga/RMOL
Presiden Joko Widodo saat bersama Prabowo Subianto di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, mengatakan akan mendukung Menteri Pertahanan. Di hadapan awak media, Jokowi menyatakan komitmen dukungan telah disampaikan jauh-jauh hari.

Merespons hal itu, pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga menilai bahwa perrnyataan dukungan Jokowi kepada Prabowo tampaknya tidak berkaitan dengan pencapresan. Sebab, tidak ada pernyataan tersurat dari Jokowi terkait hal itu.

Analisa Jamiluddin, konteks dukungan yang disampaikan Jokowi lebih berkaitan dengan program Prabowo sebagai menteri pertahanan.

"Hal itu dipertegas Jokowi dengan pernyataan, komitmen itu telah disampaikan sejak awal," demikian pendapat Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (6/11).

Pendapat Jamiluddin, pernyataan Jokowi itu mengindikasikan mendukung sepenuhnya semua program Prabowo dalam memoderinisasi alutsista TNI. Kata Jamiluddin, dukungan itu, dimaksudkan agar pertahanan Indonesia lebih modern sehingga disegani minimal di Asia Tenggara.

"Jadi, dukungan Jokowi kepada Prabowo semata berkaitan dengan upaya mewujudkan pertahanan Indonesia yang tangguh sehingga mampu menjaga NKRI dari ancaman internal dan eksternal," pungkas Jamiluddin.

ARTIKEL LAINNYA