Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi I Pertanyakan Ancaman Apa yang Dihadapi MA Sampai Meminta Pengamanan dari TNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 12 November 2022, 13:34 WIB
Komisi I Pertanyakan Ancaman Apa yang Dihadapi MA Sampai Meminta Pengamanan dari TNI
Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani/Net
rmol news logo Penggunaan prajurit TNI dalam pengamanan Mahkamah Agung menjadi perhatian Komisi I DPR RI.

Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani pun mempertanyakan, ancaman besar apa yang sedang dihadapi MA sampai harus meminta pengamanan dari TNI.

"Hakikat ancaman dan gangguan seperti apa sehingga butuh pengamanan TNI?" ujar Christina kepada wartawan, Sabtu (12/11).

Dalam pandangan legislator Partai Golkar ini, tugas pokok TNI sejatinya telah digariskan dalam UU 34/2004 yang dilakukan dalam bentuk operasi militer perang dan operasi militer selain perang (OMSP).

"Mengacu pada kerangka OMSP, TNI dapat memberikan bantuan salah satunya menyangkut pengamanan obyek vital nasional yang bersifat strategis," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa obyek vital strategis sendiri menyangkut hajat hidup orang banyak, harkat dan martabat bangsa, serta kepentingan nasional yang ditentukan dengan keputusan pemerintah.

"Kita juga memiliki Keppres 63/2004 tentang Pengamanan Obyek Vital Nasional yang mengatur penyelenggaraan pengamanan oleh pengelola obyek yang dalam hal ini dapat meminta bantuan Polri," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA