Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

LPI: Politik Identitas Rawan Dimainkan Oligarki Demi Kandidasi Capres 2024

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 12 November 2022, 17:19 WIB
LPI: Politik Identitas Rawan Dimainkan Oligarki Demi Kandidasi Capres 2024
Diskusi bertajuk 'Mainan Oligarki di Balik Politik Identitas Menjelang Pemilu 2024/Ist
Politik identitas rawan dimainkan oligarki jelang perhelatan Pilpres 2024.

"Ada peran oligarki dalam memproduksi narasi politik identitas yang kembali digaungkan untuk kepentingan kandidasi pencapresan," kata Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens dalam diskusi bertajuk 'Mainan Oligarki di Balik Politik Identitas Menjelang Pemilu 2024' di Jakarta, Sabtu (12/11).

Dari sejumlah diskusi dan penelitian yang digelar secara tertutup, LPI meyakini bahwa ada relasi kuat, secara langsung maupun tidak langsung terhadap peran segelintir oligark terhadap narasi identitas keagamaan yang diusung oleh kelompok tertentu.

Biasanya, kata Boni, dinamikanya akan semakin intensif jelang perheletan politik, baik lokal maupun nasional.

"Realitas oligarki memang ada dan sulit ditiadakan, akan tetapi bukan tidak mungkin dikendalikan dan dipenetrasi perannya melalui sistem demokrasi modern," sambung Boni.

Berdasarkan hal itu, pihaknya pun menyampaikan hipotesis bahwa dinamika keagamaan dan polarisasi kelompok masyarakat tidak hanya sebatas tafsir terhadap teks keagamaan. Ada peran, sentuhan, dan relasi kaum oligark yang ingin merangsek masuk ke dalam struktur politik.

"Analisis LPI, eksisting kaum oligarki ini kerap menentang kebijakan Presiden Jokowi yang ingin mengubah manajemen dan orientasi negara," tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA