Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tinggal Menghitung Hari, Indonesia Siap Gelar KTT G20

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 13 November 2022, 12:26 WIB
Tinggal Menghitung Hari, Indonesia Siap Gelar KTT G20
Salah satu rangkaian pertemuan G20 di bawah presidensi Indonesia/Net
Dalam dua hari ke depan, Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Bali pada 15-16 November. Secara keseluruhan, pemerintah telah memastikan kesiapan Indonesia untuk menerima tamu-tamu G20.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, posisi Indonesia sebagai Presidensi G20 pada 2022 memberikan banyak manfaat positif terhadap ekonomi nasional.

“Dari segi recognition, Indonesia akan menjadi perhatian dunia,” kata Airlangga pada Sabtu (12/11).

Terlebih, ia mengatakan, ekonomi Indonesia tumbuh impresif yakni sebesar 5,72 persen tahun per tahun pada kuartal III/2022, ketika G20 Indonesia berlangsung.

“Disamping itu, pemerintah berhasil menekan tingkat inflasi menjadi 5,7 persen pada Oktober 2022, sehingga performa Indonesia dalam kondisi yang baik untuk memimpin KTT G20," lanjut Airlangga.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengajak seluruh masyarakat untuk bisa terus menjaga citra baik Indonesia di mata dunia.

“Saya mengajak kita semua untuk terus menjaga wajah Indonesia di mata dunia selaku tuan rumah sekaligus Keketuaan G20 tahun ini,” ucapnya.

Dengan dipilihnya Bali sebagai tuan rumah KTT G20, Luhut berharap dunia dapat pulih bersama, bangkit lebih kuat, serta bergotong-royong membawa perdamaian.

 Bali memberikan aura persahabatan, Bali memberikan aura perdamaian,” tambah Luhut.

Meski begitu, ia menekankan, gelaran KTT G20 bukan hanya memberikan manfaat ekonomi nasional pada Bali, tetapi juga meningkatkan kepercayaan internasional pada Indonesia yang memiliki peran strategis dalam percaturan global.

ARTIKEL LAINNYA