Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Ribuan Tokoh Agama Sulsel, Menag Ulas Pentingnya Moderasi Beragama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 14 November 2022, 00:35 WIB
Bertemu Ribuan Tokoh Agama Sulsel, Menag Ulas Pentingnya Moderasi Beragama
Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas saat silaturahim dengan tokoh agama Sulsel/Ist
rmol news logo Masyarakat kembali ingatkan tentang pentingnya moderasi beragama dalam menjalankan kehidupan beragama dan berbangsa ditengah masyarakat.

Peringatan itu disampaikan Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas saat silaturrahmi bersama tokoh agama Provinsi Sulawesi Selatan, Minggu (13/11).

Di hadapan ribuan tokoh agama itu, Yaqut berpendapat bahwa moderasi beragama bukan agamanya yang dimoderasi, tapi perilaku kita dalam beragama itu yang dimoderasi. Tujuannya, agar tidak terlalu ekstrem ke kanan dan tidak terlalu ke kiri.

"Karena pada prinsipnya agama itu memang berada ditengah-tengah, dan pastinya tidak ada agama yang menghendaki pengikutnya bersikap ekstrem," demikian kata Yaqut.

Lebih lanjut Menag menambahkan Tuhan itu mencintai dan menyukai kasih sayang, namun terkadang kita menemukan umat yang mengaku beragama, tapi melakukan kekerasan-kekerasan kepada umat lain.

"Dulu orang saling mengasihi karena agama, Tuhan mengajarkan kita untuk saling mengasihi satu sama lain, karena kita berpegang kepada nilai-nilai agama, tetapi sekarang kita lihat banyak orang berselisih karena beda agama," ulas politisi PKB itu.

Ketua Umum GP Ansor itu mengingatkan agar para tokoh agama memberikan pemahaman kepada umatnya, agar memahami hakikat dari agama itu diturunkan.

 "Saya kembali ingatkan, demi umat bergama dan demi agama yang kita pegang kuat keyakinannya, demi bangsa dan negara ini, tolong sampaikan kepada umat bapak ibu sekalian agar menyikapi agama sebagaimana dulu diturunkan dan dituntunkan bagi umat manusia," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA