Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Primordialisme di Jabar Masih Kuat, Ridwan Kamil Pas Dijadikan Local Vote Getter Pilpres 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 14 November 2022, 12:20 WIB
Primordialisme di Jabar Masih Kuat, Ridwan Kamil Pas Dijadikan <i>Local Vote Getter</i> Pilpres 2024
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil/Net
rmol news logo Jawa Barat tidak boleh dianggap enteng oleh para petarung politik dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Pasalnya, Jawa Barat merupakan wilayah penentu pemenangan pemilihan umum, baik tingkat legislatif maupun eksekutif.

Pakar politik dari Universitas Indonesia (UI), Ade Reza Hariyadi menuturkan, ada stigma masyarakat terkait Perang Bubat yang hingga kini masih ada beberapa yang tetap diterapkan di kalangan masyarakat Pasundan. Yakni memilih calon pemimpin orang asli Sunda di tanah Pasundan.

Karena itu, ia melihat masyarakat Jawa Barat rindu dengan tokoh Pasundan yang bisa duduk di tingkat nasional dengan maju sebagai calon presiden.

"Saya kira ini sentimen primodialisme yang sangat kuat dan wajar karena orang Jabar merindukan figur-figur yang bisa mereka dongkrak kaliber nasional. Pak RK (Ridwan Kamil) punya political appeal, daya tarik politik yang besar,” kata Ade Reza kepada wartawan, Senin (14/11).

Menurutnya, Ridwan Kamil sebagai tokoh asli Pasundan memiliki potensi tinggi untuk maju menjadi calon presiden mendatang, merepresentasi orang Sunda.

”Persepsi masyarakat terhadap kinerjanya (Ridwan Kamil) juga baik. Artinya, kalau kemudian diperankan sebagai local  vote getter dalam rangka pilpres ini sangat strategis, bagi siapapun yang berhasil merangkul Pak RK ya,” paparnya.

Lebih lanjut, Ade menuturkan bahwa elektabilitas Ridwan Kamil di Jawa Barat pun sangat kuat. Menurut dia, itu merupakan bukti sentimen primordialisme yang sangat kuat dan wajar.

”Pertama karakter personal dan citra dirinya yang sangat kuat dan ini bisa diterima oleh semua segmen pemilih termasuk dalam kategorisasi umur, profesi, dan sebagainya,”ucapnya.

”Yang kedua, kinerjanya dianggap baik oleh masyarakat, sepanjang menjalankan posisi Gubernur Jawa Barat. Dan itu dikonfirmasi dari survei tadi,” tambahnya.

Keunggulan ketiga, saat ini Ridwan Kamil merupakan simbol politik di Jawa Barat.

Sehingga, tegas Ade, bicara pemenangan di Jawa Barat, saat ini Ridwan Kamil merupakan pilihan yang rasional dan tepat. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA