Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Andi Widjajanto: Persaingan AS-Tiongkok jadi Karakter Utama Geopolitik Terkini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 14 November 2022, 23:47 WIB
Andi Widjajanto: Persaingan AS-Tiongkok jadi Karakter Utama Geopolitik Terkini
Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Andi Widjajanto/Net
rmol news logo Rivalitas konektivitas dan rantai pasok makanan dunia menjadi karakteristik utama dalam pertarungan kekuatan di era saat ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pandangan itu disampaikan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Andi Widjajanto pada seminar nasional bertajuk `Peran Indonesia dan G20 dalam Geopolitik Dunia dan Stabilitas Keamanan Asia Pasifik` yang dilangsungkan di Gedung Pancagatra Lemhanas, Senin (14/11).

Menurutnya, di Asia persaingan konektivitas tercermin melalui pembentukan Belt and Road Initiative (BRI) oleh Tiongkok dan Indo-Pacific Economic Framework oleh AS.

"Persaingan serupa turut tergambarkan melalui rantai pasok energi berbasis fosil dan energi bersih. Untuk komoditas minyak dan gas, AS mendominasi rantai pasok pada sisi hulu, pengilangan, dan konsumsi,” kata Andi.

Ementara itu, diungkapkan Andi, AS hanya menjadi pemain minor pada rantai pasok teknologi bersih, di sisi lain Tiongkok menjadi aktor dominan.

Dia menambahkan, rivalitas ekonomi dan teknologi, persaingan antara AS dan Tiongkok menjadi karakter utama terhadap dinamika geopolitik terkini.

Sektor ekonomi dan teknologi menjadi arena pertempuran antara dua negara tersebut. Saat ini, Produk Domestik Bruto (PDB) Amerika Serikat masih menjadi nomor satu di dunia.

Sementara itu, Tiongkok mengejar di peringkat kedua dengan laju pertumbuhan yang cukup masif.

"Di sektor teknologi Tiongkok cenderung unggul yang tercermin dari kapasitas teknologi 5G dan tren penguasaan produksi semikonduktor,” demikian Andi.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA