Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Duet Anies-Budi Gunawan, Seperti Pasangan Ronald Reagen-Goerge Bush Senior

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 15 November 2022, 15:17 WIB
Duet Anies-Budi Gunawan, Seperti Pasangan Ronald Reagen-Goerge Bush Senior
Anies Baswedan-Budi Gunawan/RMOL
rmol news logo Siapa sosok pendamping Anies Baswedan sebagai cawapres hingga saat ini masih teka teki dan menjadi perbincangan.

Wartawan senior, Kisman Latumakulita beranggapan, Anies sangat cocok bila berpasangan dengan Kepala Badan Intelijen Negara (Kabin) Jenderal (Purn) Budi Gunawan.

“Budi Gunawan sangat layak dan pantas untuk dijodohkan menjadi bakal calon wakil presiden dari Anies Baswedan. Kapasitas dan kapabiltas sangat baik sebagai tokoh bangsa. Budi Gunawan Suskes menjadi negarawan yang teruji mengabdi kepada bangsa Indonesia,” kata Kisman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (15/11).

Pasangan ini, kata Kisman, mengingatkan pada duet presiden dan wakil presiden Amerika Serikat ke-40 Ronald Reagen-Goerge Bush Senior.

“Bush adalah mantan Kepala Central Intelligence Agency (CIA). Pasangan Reagen-Bush sangat sukses ketika memimpin Amerika selama dua priode,” ujar Kisman.

Menurut Kisman, duet Anies-Budi Gunawan merupakan formula yang pas untuk menjaga dan mempertahankan keutuhan bangsa Indonesia. Sebab, Anies Baswean-Budi Gunawan dapat mengakhiri keterbelahan sosial masyarakat yang masih terasa sampai hari ini.

Selain itu, Kisman menambahkan, pasangan Anies-Budi Gunawan juga bisa membawa Indonesia bersaing dengan bangsa-bangsa lain di panggung kelas dunia. Apalagi menghadapi resesi ekonomi yang melanda dunia hari ini, dan telah masuk di halaman tengah rumah besar bangsa Indonesia, sangat membutuhkan pasangan capres-cawapres yang punya kemampuan di atas rata-rata normal.

“Butuh capres-cawapres yang punya kemampuan komunikasi dan diplomasi kelas dunia dan terukur. Itu hanya ada pada pasangan Anies-Budi Gunawan,” ujar dia.

Lebih dalam menurut Kisman, Budi Gunawan memiliki kedekatan yang sangat mumpuni dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Dukungan politik untuk Budi Gunawan, menurut Kisman, bukan hanya dari PDI-P saja.

“Sebab sebagai orang menjabat Kepala BIN selama enam tahun lebih, Budi Gunawan tentu punya kaki dan tangan dimana-mana. Mungkin juga di kalangan partai politik selain PDI-P. Bahkan diperkirakan Budi Gunawan masih punya pengaruh yang sangat kuat di kalangan Kepolisian dan TNI,” ungkap dia.

Tak hanya itu, masih kata Kisman, pensiunan polisi bintang empat itu diperkirakan juga masih punya pengaruh kuat di kementerian dan lembaga-lembaga negara.

“Bahkan termasuk di kalangan pejabat Badan Usaha Milik Negara (BUMN), para gubernur dan bupati-walikota. Semua ini tentu menjadi modal dan kekuatan Budi Gunawan untuk berpasangan dengan Anies Baswedan sebagai cawapres. Jika demikian, maka pasangan Anies-Budi Gunawan hampir pasti bakal menang jika berhadap-hadapan dengan pasangan capres-cawapres manapun,” demikian Kisman. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA