Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gagas IKN, Jokowi Dianggap Berhasil Realisasikan Cita-cita Soekarno

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 15 November 2022, 22:05 WIB
Gagas IKN, Jokowi Dianggap Berhasil Realisasikan Cita-cita Soekarno
Ibu Kota Negara (IKN)/Net
rmol news logo Gagasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang dibuat oleh Presiden Joko Widodo dinilai sebagai keberhasilan merealisasikan cita-cita sang Proklamator Ir Soekarno. Pemindahan ibu kota ke luar Jawa merupakan mimpi dari presiden pertama Indonesia tersebut.

Kebijakan Jokowi memindahkan IKN mendapat banyak respon positif dari berbagai pihak. Salah satunya disampaikan oleh tokoh muda Kalimantan Timur (Kaltim) Ikzan Nopardi.

Ikzan mengatakan perpindahan ibu kota negara telah digagas sejak era Presiden Soekarno. Namun, hanya di era Jokowi buah pikiran Soekarno dapat diwujudkan.

“Kita tahu bersama bahwa wacana pemindahan IKN sudah dari zaman Presiden Soekarno dan beberapa presiden sebelumnya. Artinya Pak Jokowi telah berhasil mewujudkan cita-cita Soekarno,” ujar Ikzan dalam keterangan tertulis, Selasa (15/11).

Presiden Mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) itu mengatakan bahwa keberanian Jokowi memindahkan IKN sangat layak untuk diapresiasi. Perpindahan tersebut dinilai sangat perlu demi menciptakan pemerataan.

“Kita melihat bahwa Presiden Jokowi punya keberanian untuk memindahkan IKN dengan beberapa alasan. Pertama soal kepadatan penduduk, ancaman tenggelamnya Jakarta, pemerataan dan lain sebagainya,” terangnya.

Lebih lanjut Ikzan mengatakan bahwa Jokowi tidak hanya menghadirkan IKN sebagai bangunan fisik. Namun, lanjutnya, Jokowi berupaya untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur agar stigma Jawa Sentris dapat dihapuskan.

“Dengan ini tentu yang menjadi catatan adalah proses perpindahan IKN tidak hanya pemindahan secara fisik saja, tapi juga secara mindset dan pertumbuhan ekonomi yang tidak Jawa Sentris lagi,” pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA