Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

KTT G20 Sukses, Indonesia Makin Penting di Mata Dunia

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 16 November 2022, 15:34 WIB
KTT G20 Sukses, Indonesia Makin Penting di Mata Dunia
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo resmi menutup Presidensi G20 di Bali, Indonesia/Repro
Forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung selama dua hari di Bali resmi ditutup oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (16/11).

Selain acara inti pada 15-16 November, rangkaian Presidensi G20 sudah berlangsung sejak setahun lalu, tepatnya pada Oktober 2021.

Penyelenggaraan KTT G20 menujukkan bahwa meski dalam situasi yang genting karena pandemi, Indonesia tetap mampu melaksanakan forum kerja sama multirateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (UE).

Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya mengapresiasi tingginya antusiasme kepala negara dan kepala pemerintahan G20 hadir ke Bali.

Kesuksesan G20 menjadi bukti nyata bahwa Presiden Jokowi diterima dengan baik dalam forum internasional. Menurutnya, G20 juga memberikan dampak besar, tidak hanya pada bidang perekonomian, namun bidang lainnya dan meningkatkan posisi tawar Indonesia di forum global.

“Dengan kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia dianggap lebih penting oleh negara-negara lain, terutama G20,” kata Gusti Agung.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, dari sisi substansi, pihaknya telah berhasil menggelar 6 kali pertemuan G20 Employment Working Group (EWG).

Hasil pembahasan forum EWG kemudian menjadi bahan pembahasan G20 Labour and Employment Ministers Meeting (LEMM) yang menghasilkan 5 dokumen penting.

"Keseluruhan isu yang kita bahas dan kita sepakati merupakan upaya dalam mewujudkan Improving the Employment Condition to Recover Together. Sehingga tema tersebut sejalan dengan tema Presidensi G20 Indonesia," kata Ida Fauziyah.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA