Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Disaksikan Jokowi dan Xi Jinping, Ini Lima Kerja Sama yang Diteken Indonesia-China

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 17 November 2022, 08:24 WIB
Disaksikan Jokowi dan Xi Jinping, Ini Lima Kerja Sama yang Diteken Indonesia-China
Presiden China Xi Jinping dan Presiden RI Joko Widodo menyaksikan penandatanganan kerja sama dua negara di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali pada 16 November 2022/Net
Indonesia dan China telah menyepakati lima kerja sama di berbagai bidang dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali pada Rabu (16/11).

Penandatanganan lima dokumen kerja sama tersebut dilakukan setelah pertemuan bilateral, serta disaksikan secara langsung oleh Jokowi dan Xi.

Adapun lima dokumen kerja sama tersebut meliputi, pertama, rencana aksi kerja sama promosi bersama dalam kerangka kerja Poros Maritim Dunia dan Belt and Road Initiative.

Kedua, nota kesepahaman (MoU) pada pembangunan bersama pusat konservasi, riset, dan inovasi tanaman obat Indonesia-Tiongkok. Ketiga, MoU tentang pelatihan kejuruan sektor industri.

Keempat, nota kesepahaman peningkatan kerja sama ekonomi  digital. Dan kelima, persetujuan perluasan dan pendalaman kerja sama bilateral ekonomi dan perdagangan lebih lanjut.

Di samping melakukan pertemuan bilateral, Jokowi dan Xi juga menyaksikan bersama uji coba operasi kereta cepat Jakarta-Bandung secara virtual dari Bali.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah kedua pemimpin merampungkan rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali yang berlangsung dari 15-16  November.

ARTIKEL LAINNYA