Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Berdasarkan Sejumlah Indikasi, Indonesia Sukses Gelar KTT G20

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 17 November 2022, 10:48 WIB
Berdasarkan Sejumlah Indikasi, Indonesia Sukses Gelar KTT G20
Gurubesar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Prof Hikmahanto Juwana/Net
Indonesia sebagai tuan rumah dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dihujani apresiasi dari sejumlah negara. Indonesia dinilai sukses menggelar pertemuan 20 kepala negara besar dunia selama 2 hari di Pulau Dewata tersebut.

Menurut Gurubesar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Prof Hikmahanto Juwana, ada 6 indikasi penyelenggaraan KTT G20 berjalan sukses. Salah satunya hampir seluruh kepala negara hadir di Bali.

"Hampir semua kepala negara dan pemerintahan serta pimpinan organisasi internasional hadir. Selama penyelenggaraan KTT G20 keamanan terkendali,” ucap Hikmahanto lewat keterangan tertulisnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (17/11).

Selain itu, pelaksanaan KTT G20 dianggap berhasil lantaran berbagai program dari tiga tema yang diusung oleh Indonesia selama 1 tahun berhasil diimplementasikan dan disepakati.

Selanjutnya, papar Hikmahanto, indikasi KTT G20 sukses adalah Presiden Jokowi mendapat apresiasi dari dunia terkait upaya untuk menyelesaikan perang di Ukraina meski masih berlangsung

Poin berikutnya dari indikasi suksesnya KTT G20 adalah banyaknya bilateral meeting yang dilakukan di sela-sela KTT G20. Dan yang menjadi bilateral meeting terpenting adalah pertemuan antara Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jin Ping yang berkomitmen untuk bersaing tanpa melibatkan penggunaan senjata dan kekerasan

“Kemudian tidak ada negara yang kehilangan muka dalam Leaders' Declaration meski Rusia mendapat kecaman dari sebagian anggota G20 yang merujuk pada Resolusi Majelis Umum mengingat dalam deklarasi disebutkan bahwa Forum G20 bukan tempat pembahasan masalah politik,” demikian Hikmahanto.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA