Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ridwan Kamil Sesumbar Indonesia Tidak Terlalu Terdampak Resesi 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 17 November 2022, 14:12 WIB
Ridwan Kamil Sesumbar Indonesia Tidak Terlalu Terdampak Resesi 2023
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Universitas Padjajaran, Bandung/RMOLJabar
rmol news logo Pada 2023 mendatang berbagai negara di belahan dunia terancam resesi ekonomi. Bahkan, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani pun kerap menyebutkan bahwa Indonesia juga akan terkena resesi di tahun depan.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil memaparkan, berdasarkan pernyataan 100 ekonom dunia, Indonesia tidak akan terlalu terdampak resesi.

Sebab, pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan tren positif, jarak dengan inflasi juga tidak terlalu jauh sehingga dapat diartikan harga kenaikan masih terkendali.

"Jawa Barat juga mewakili, kita tumbuh tertinggi di kuartal ketiga (2022) hampir 6 persen lebih pertumbuhan ekonominya," papar Ridwan Kamil saat ditemui di Unpad, Kota Bandung, Kamis (17/11).

Menurut dia, tingginya angka inflasi bukan dikarenakan kenaikan harga sembako, melainkan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM). Pasalnya, kenaikan harga BBM akan berdampak terhadap semua bahan pokok maupun lainnya.

"Kalau sembako saya monitor di pasar aman. Jadi kalau BBM memang mempengaruhi semua," tuturnya seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJabar.

Oleh karena itu, Ridwan Kamil menitipkan pesan kepada masyarakat yang tidak terdampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) agar membela negara dengan belanja tetapi produk lokal serta berwisata ke objek-objek lokal.

"Kampanyekan warga Jabar bela negara dengan belanja, tetapi produk lokal. Piknik seluas-luasnya, belanja sebanyak-banyaknya, kepada yang tidak terdampak langsung oleh perdagangan global," ucapnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA