Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puan Jamin Sebelum Reses Surpres Panglima TNI Sudah di Tangan DPR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 17 November 2022, 14:54 WIB
Puan Jamin Sebelum Reses Surpres Panglima TNI Sudah di Tangan DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani/Ist
rmol news logo Pimpinan DPR hingga kini belum menerima surat presiden (surpres) terkait pergantian Panglima TNI dari pemerintah.

Ketua DPR RI Puan Maharani meyakini bahwa pemerintah segera mengirim surpres Panglima TNI untuk diproses di Komisi I DPR selaku mitra terkait.

"Saya tentu menduga sebelum reses penutupan masa sidang, suratnya sudah diterima oleh DPR," kata Puan kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/11).

Ketua DPP PDIP tersebut juga meyakini bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki pertimbangan mengenai siapa figur yang dinilai layak menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Atas dasar itu, surpres Panglima TNI dipastikan akan segera dikirim ke DPR. Namun, DPR masih akan bersidang sampai pertengahan Desember 2022 nanti.

"Saya meyakini bahwa pasti sudah ada mekanisme yang sudah dilakukan oleh presiden, sekarang memang suratnya akan melalui presiden kepada ketua DPR," ujar Puan.

"Siapa, bagaimana, bagaimana calonnya yang akan dipilih, apakah itu terkait dengan kinerja dan lain-lain, tentunya itu presiden sudah mempunyai pertimbangan terkait hal itu," demikian Puan.

Mengacu pasal 53 Undang-undang No 34/2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, dijelaskan bahwa prajurit melaksanakan dinas keprajuritan sampai usia paling tinggi 58 tahun bagi perwira, dan 53 tahun bagi bintara serta tamtama.

Merujuk UU TNI tersebut, Jenderal Andika Perkasa akan pensiun tahun ini. Dia akan berusia 58 tahun pada 21 Desember 2022.

Adapun, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, digadang-gadang berpeluang menggantikan Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Yudo Margono baru akan pensiun pada 2023. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA