Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Resesi Ancam Dunia pada 2023, Ridwan Kamil Ajak Warga Jabar Lakukan Bela Negara

LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 17 November 2022, 15:26 WIB
Resesi Ancam Dunia pada 2023, Ridwan Kamil Ajak Warga Jabar Lakukan Bela Negara
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil/RMOLJabar
Pada 2023 mendatang berbagai negara di belahan dunia bakal terancam mengalami resesi ekonomi. Bahkan, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pun kerap menyebutkan bahwa Indonesia juga bakal ikut terkena resesi pada tahun depan.

Namun demikian, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memaparkan, berdasarkan pernyataan 100 ekonom dunia, Indonesia tidak akan terlalu terdampak oleh resesi.

Sebab, pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan tren positif, jarak dengan inflasi juga tidak terlalu jauh sehingga dapat diartikan harga kenaikan masih terkendali.

"Jawa Barat juga mewakili, kita tumbuh tertinggi di kuartal ketiga (2022) hampir 6 persen lebih pertumbuhan ekonominya," papar Ridwan Kamil saat ditemui di Unpad, Kota Bandung, Kamis (17/11).

Menurut dia, tingginya angka inflasi bukan dikarenakan kenaikan harga sembako melainkan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM). Pasalnya, kenaikan harga BBM berdampak terhadap semua bahan pokok maupun lainnya.

"Kalau sembako saya monitor di pasar aman. Jadi kalau BBM memang mempengaruhi semua," tuturnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Oleh karena itu, Ridwan Kamil berpesan kepada masyarakat yang tidak terdampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) agar membela negara dengan belanja produk lokal serta berwisata ke objek-objek lokal.

"Pak Gubernur mengampayekan warga Jabar bela negara dengan belanja tetapi produk lokal. Piknik seluas-luasnya, belanja sebanyak-banyaknya, kepada yang tidak terdampak langsung oleh perdagangan global," tutupnya. 
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA