Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mendag Zulhas: Waralaba Berperan Besar dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 18 November 2022, 21:27 WIB
Mendag Zulhas: Waralaba Berperan Besar dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan/Net
rmol news logo Sektor waralaba berkontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Waralaba harus terus berkembang sehingga menembus pasar internasional.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan dengan kerja sama dan kolaborasi semua pihak, waralaba akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat membuka gelaran Franchise License Expo Indonesia (FLEI) ke-19 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (18/11).

Pameran waralaba, lisensi, dan peluang usaha dengan tema "Limitless Opportunities" ini berlangsung mulai 18 hingga 19 November 2022.

Hadir pada pembukaan Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali) Tri Raharjo dan Wakil Ketua Komite Tetap Kadin Bidang Franchise Lisensi and Networking Marketing Levita G Supit.

"Pemerintah terus mendukung para pelaku usaha waralaba untuk terus tumbuh karena memiliki potensi yang luar biasa. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak lepas dari peran waralaba," ujar Zulkifli Hasan.

Sosok yang akrab disapa Zulhas itu bersyukur ekonomi Indonesia tetap tumbuh sebesar 5,72 persen pada kuartal ketiga 2022 meskipun dalam situasi dunia yang penuh tantangan. Di sisi lain, ekspor Indonesia surplus sebesar 45,52 miliar dolar AS pada periode Januari-Oktober 2022.

"Ini kabar bagus yang harus disyukuri karena kerja sama dan kolaborasi semua pihak, kita  bisa kuat dalam mengatasi segala hambatan yang dihadapi," katanya.

Zulhas menyebutkan, Indonesia harus percaya diri karena memiliki talenta muda hebat yang mampu menghasilkan produk berkualitas.

Hal ini, kata Ketua Umum PAN ini, dibuktikan dengan waralaba yang telah berhasil menembus pasar internasional, salah satunya melalui ribuan jaringan retail Indonesia di Filipina.

"Ini harus kita fasilitasi sehingga dapat menyerbu pasar dunia. Indonesia punya potensi, punya sumber daya, serta segala persyaratan untuk mencapai hal itu," imbuhnya.

Zulhas pun berharap, pameran ini dapat menjadi ajang untuk mengembangkan usaha waralaba, khususnya yang berada di berbagai pelosok daerah.

"Kita mempunyai potensi yang luar biasa untuk itu harus difasilitasi. Saya harap pelaku usaha besar turut memfasilitasi sehingga dapat menyerbu pasar internasional," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA