Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga Yakin Industri Otomotif Dalam Negeri Tumbuh Besar di Masa Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 21 November 2022, 18:21 WIB
rmol news logo Sektor industri Tanah Air diharapkan terus tumbuh sejalan dengan Purchasing Manager Index (PMI) Manufaktur Indonesia yang mengalami ekspansi ke level 51,8 pada Oktober 2022.

Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto berujar, Indonesia adalah pasar kendaraan bermotor terbesar di ASEAN.

"Car ratio R4 masih rendah, yakni sebesar 99 mobil per 1.000 penduduk. Ini menandakan industri otomotif masih berpotensi besar untuk tumbuh di masa depan,” ujar Airlangga Hartarto di acara The First Production of Local Electrified Vehicle: From Indonesia to the World di Karawang, Senin (21/11).

Mengutip data Gaikindo pada Oktober 2022 pendistribusian dari pabrik ke dealer mobil baru tercatat sebanyak 93,19 ribu unit atau tumbuh 23,37% (yoy) jika dibandingkan Oktober 2021.

Sementara itu, potensi permintaan Electric Vehicle (EV) atau kendaraan listrik di dunia diperkirakan terus meningkat dan mencapai sekitar 55 juta unit EV hingga 2040.

Untuk menangkap peluang tersebut sekaligus mendukung agenda perubahan iklim (COP21), Indonesia telah menerbitkan Perpres 55/2019 tentang Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBL BB)/BEV untuk Transportasi Jalan.

Berbagai regulasi turunan dari Perpres tersebut juga telah diterbitkan dalam rangka mempercepat pengembangan ekosistem KBL-BB di Indonesia.

"Semoga langkah produksi mobil dengan teknologi elektrifikasi ini dapat memberikan manfaat bagi ketahanan ekonomi serta mendukung komitmen net zero emission,” jelas Menko Airlangga. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA