Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sesuai Arahan Presiden Genjot Ekspor, Zulhas Lepas Produk Ikan Sarden ke Australia

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 22 November 2022, 17:37 WIB
Sesuai Arahan Presiden Genjot Ekspor, Zulhas Lepas Produk Ikan Sarden ke Australia
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat melepas ekspor produk ikan sarden ke Australia/Ist
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, melepas ekspor produk ikan sarden ke Australia milik CV Pasific Harvest di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa, (22/11). Pelepasan ekspor produk ikan sarden ini memiliki nilai sebesar USD 902 ribu dari total kontrak penjual USD 2,7 Juta di tahun 2022.

Sosok yang akrab disapa Zulhas itu bersyukur lantaran di tengah perlambatan ekonomi dan perdagangan global, kinerja perdagangan Indonesia tetap menunjukkan trend positif.  

“Di tengah perlambatan ekonomi dan perdagangan global, kita patut bersyukur dan bangga atas tren positif kinerja perdagangan Indonesia,” kata Zulhas.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini melanjutkan, pada tahun 2021 surplus neraca perdagangan Indonesia mencapai USD 35,34 miliar atau rektor tertinggi sejak 15 tahun. Tren terus berlanjut pada periode Januari hingga Oktober 2022.

“Menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia  5,72 persen dan menunjang surplus neraca perdagangan USD  45,9 miliar,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Mendag juga mengungkapkan, arahan Presiden Jokowi kepada dirinya untuk terus berupaya mendukung peningkatan ekspor Indonesia.

“Bapak Presiden telah memberikan arahan kepada saya untuk terus berupaya mendukung peningkatan ekspor Indonesia, bahkan secara khusus telah meminta saya sebagai Menteri Perdagangan untuk melakukan Misi Dagang setiap bulan,” ungkapnya.

Zulhas pun memastikan bahwa kehadiran dirinya dalam pelepasan ekspor produk ikan sarden ke Australia milik CV Pasific Harvest merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada pelaku usaha Indonesia.

“Oleh karena itu, saya hadir ini merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada pelaku usaha nasional untuk terus mendukung pertumbuhan ekspor dan ekonomi Indonesia,” pungkas Mendag.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA