Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

PKS Instruksikan Wakil Rakyatnya Sisihkan Gaji untuk Korban Gempa Cianjur

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 22 November 2022, 21:41 WIB
PKS Instruksikan Wakil Rakyatnya Sisihkan Gaji untuk Korban Gempa Cianjur
Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini/Net
Dampak dari bencana alam gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,6 di Cianjur coba diringankan oleh sejumlah pihak dengan memberikan bantuan kepada warga-warga di sana. Termasuk salah satunya diupayakan fraksi PKS di DPR RI.

Salah satu cara yang dilakukan Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini untuk membantu korban gempa bumi di Cianjur ini adalah mengumpulkan dana dari para anggota legislatifnya.

Dia bahkan menginstruksikan Anggota Legislatif PKS pusat hingga daerah khususnya di wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jabar untuk menyisihkan gajinya guna membantu korban bencana gempa bumi Cianjur.

"Fraksi PKS menyampaikan duka cita mendalam seraya berdoa agar Allah meringankan korban gempa di Cianjur. Dan sebagai bentuk empati dan kepedulian, Fraksi PKS menghimpun dana bantuan dari potongan gaji anggota bulan ini," ujar Jazuli dalam keterangannya pada Selasa (22/11).

Jazuli mengatakan, persoalan sosial sudah menjadi komitmen PKS untuk bisa selalu hadir di tengah-tengah bencana bersama elemen bangsa lainnya yang juga sudah bergerak sejak kemarin terjadi gempa.

Bahkan, dia memastikan struktur dan kader PKS sudah bergerak mendirikan posko, mensiagakan ambulance dan obat-obatan, serta mendistribusikan bantuan yang diperlukan segera oleh masyarakat yang terdampak gempa.

"Tentu dengan koordinasi bersama aparat dan pemerintah setempat," sambungnya menegaskan.

Maka dari itu, Jazuli menyatakan bahwa upaya bantuan yang dilakukan PKS didasarkan pada cara pandang prioritas yang mengutamakan keselamatan korban jiwa. Dalam hal gempa bumi di Cianjur, menurutnya, adalah waeha yang sebagiannya masih tertimpa reruntuhan dan longsor untuk bisa segera dievakuasi.

"Alhamdulillah baik pemerintah, aparat, ormas, dan masyarakat telah ikut bergerak secara kolektif membantu korban. Fraksi PKS memberikan apresiasi atas inisiatif peran dan tanggung jawab kemanusiaan ini," ucapnya.

"Mudah-mudahan ikhtiar ini bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang tertimpa musibah," pungkas Jazuli.

Laporan BNPB hingga malam ini mencatat, jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi di Cianjur ada total sebanyak 268 jiwa, di mana 122 jiwa berhasil teridentifikasi.

Selain korban tewas, BNPB juga mencatat warga Cianjur yang masih hilang pascabayar kejadian gempa bumi mencapai 151 orang. Sementara yang luka-luka 1.083 orang.

ARTIKEL LAINNYA