Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perkuat Pemberantasan Korupsi, Firli Bahuri Usung Diplomasi "Brother and Sister" di Forum ASEAN PAC

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 23 November 2022, 14:04 WIB
Perkuat Pemberantasan Korupsi, Firli Bahuri Usung Diplomasi "<i>Brother and Sister</i>" di Forum ASEAN PAC
Forum ASEAN Parties Against Corruption (PAC)/Net
rmol news logo Di forum ASEAN Parties Against Corruption (PAC), Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengusung diplomasi "brother and sister" untuk memperkuat pemberantasan korupsi dengan kerja sama luar negeri.

Hal itu mendapatkan respon positif oleh sembilan ketua atau pimpinan delegasi negara-negara anggota yang hadir di ASEAN PAC yang diselenggarakan di Kamboja.

Diplomasi "brother and sister" KPK RI juga merekatkan hubungan pimpinan lembaga antikorupsi berlatar belakang polisi di ASEAN-PAC, Phnom Penh, Kamboja, seperti Kepala Corrupt Practices Investigation Bureau Singapura, Denis Tang, Ketua NACC Thailand, Panthep Klanarongran dan Ketua KPK RI, Firli Bahuri.

Firli Bahuri mengatakan, pemberantasan korupsi harus didukung dengan kerjasama luar negeri untuk menangkap segera para tersangka dan mengembalikan maksimal asset hasil korupsi kepada para negara saudara di ASEAN.

"Brother and sister, diusung untuk meyakinkan para delegasi bahwa Indonesia terbuka pada kerjasama pemberantasan korupsi. Akan kami tangkap para tersangka korupsi, dan kami bantu pengembalian aset korupsi yang disimpan dan disembunyikan di Indonesia," ujar Firli, Rabu (23/11).

Secara khusus, kata Firli, KPK RI meminta kerjasama luar biasa kepada Singapura dan Thailand untuk upaya maksimal pemberantasan korupsi di wilayah ASEAN.

"Saya bicara secara khusus dengan Kepala CPIB dan NACC, mereka berdua dari kepolisian, agar siapapun yang 'kabur' dan menyembunyikan asetnya di sana bisa kita kejar," tuturnya.

Harmoni pemberantasan korupsi diwilayah ASEAN dituangkan dalam Memorandum of Undestanding on Cooperation for Preventing and Combating Corruption atau Nota Kesepahaman tentang Kerjasama untuk Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi yang ditanda tangani oleh 10 ketua/wakil dari lembaga antikorupsi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA