Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Mau Persoalkan Matra, DPR Serahkan Sepenuhnya ke Presiden Soal Calon Panglima TNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 23 November 2022, 14:31 WIB
Tak Mau Persoalkan Matra, DPR Serahkan Sepenuhnya ke Presiden Soal Calon Panglima TNI
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo DPR RI menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo mengenai siapa sosok yang akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Sebab, itu merupakan hak prerogratif dari Kepala Negara.

Apakah itu dari Matra Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) maupun Angkatan Udara (AU). Asalkan mereka merupakan Kepala Staf aktif dari tiga matra tersebut.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/11).

“Saya pikir begini, sepanjang kepala staf itu masih aktif, tentunya terbuka semua kemungkinan untuk menjadi panglima TNI, karena itu adalah hak prerogatif dari pada presiden sebagai panglima tertinggi kita,” kata Dasco.

Atas dasar itu, Sufmi Dasco tidak mempersoalkan siapapun dari matra apapun selama memenuhi kriteria, bakal menjadi Panglima TNI.

“Karena itu ya tergantung Pak Presiden siapa yang akan dipilih sepanjang masa jabatan memungkinkan ya nggak masalah,” demikian Sufmi Dasco.

Terpisah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, pihaknya akan mengirimkan Supres itu pada hari ini karena mengingat DPR akan memasuki masa reses pada 16 Desember 2022 mendatang.

"Surpres penggantian panglima TNI itu kita akan reses juga dalam beberapa waktu ke depan akan reses di DPR. Kita sudah menghitung bahwa pada hari ini akan dikirim kepada DPR surpresnya," kata Pratikno di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/11). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA