Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KIB Bakal Pecah Jika Usung Ganjar, Ini Alasannya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 24 November 2022, 13:07 WIB
KIB Bakal Pecah Jika Usung Ganjar, Ini Alasannya
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)/Net
rmol news logo Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) diyakini akan pecah jika mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga berpendapat, peluang KIB bubar karena mengusung Ganjar sangat besar lantaran akar rumput dari masing-masing partai politik di dalam KIB menghendaki agar Anies Baswedan yang diusung sebagai capres.

"Iya kalau usung Ganjar berpeluang pecah. Karena akar rumputnya di KIB cenderung ke Anies,” kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (24/11).

Jamiluddin menyarankan agar elite partai yang tergabung di dalam KIB tidak mengesampingkan keinginan akar rumput mereka. Kalaupun mau, kata Jamiluddin, KIB benar-benar serius untuk mengusung kader-kader internal mereka.

Jamiluddin berpendapat peluang KIB pecah sangat terbuka bila tetap mengusung Ganjar. Tapi peluang ini akan terjadi bila KIB terbentuk memang murni inisiatif dari petinggi Golkar, PPP, dan PAN.

“Seharusnya KIB mendengar suara akar rumput. Dan mereka menjaring sungguh-sungguh capres yang disarankan para kadernya,” ucapnya.

Namun, dia menilai realitas itu bisa saja sebaliknya, KIB akan tetap utuh karena memang sejak awal terbentuknya atas “titiipan”.

"Jadi, apa pun yang terjadi KIB akan tetap mengusung sosok yang diinginkan pihak sponsor. Mereka tidak akan peduli suara arus bawah. Sebab,  tugas mereka untuk menggolkan keinginan sponsor,” tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA