Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kasus Seperti "Kardus Durian" Potensi Mencuat Jika KIB Usung Ganjar

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 24 November 2022, 19:33 WIB
Kasus Seperti
Ganjar Pranowo/Net
Pencalonan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024 oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) disinyalir bakal membuka kasus hukum yang serupa dengan skandal "kardus durian".

Skandal kardus durian adalah kasus dugaan suap kepada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau kerap disapa Cak Imin, saat masih menjabat sebagai Menteri tenaga Kerja dan Transmigrasi pada tahun 2011 silam.

Mencuatnya isu skandal "kardus durian" ini, menurut Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, terjadi jelang pesta demokrasi 2024 lantaran rencana pencalonan Cak Imin.

Hal serupa bisa terjadi apabila KIB melakukan langkah yang salah dalam menentukan capres yang akan diusungnya di Pilpres 2024, termasuk dalam hal ini apabila Ganjar Pranowo diusung.

"Koalisi KIB bisa goyah sama persis dengan Gerindra-PKB yang pemicunya kasus kardus durian bakal diangkat lagi oleh KPK jika Ganjar diusung," ujar Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (24/11).

Ketimbang mencalonkan Ganjar yang memiliki potensi tinggi terhadap perkara hukum, Jerry menyarankan KIB untuk mencari sosok yang lebih baik untuk menjadi capres di Pilpres 2024.

"Harus cari formula yang tepat dan strategi yang brilian untuk bisa menaklukan Anies dan Prabowo," tuturnya.

"Saya ingatkan Golkar khususnya KIB perlu hati-hati mengusung Ganjar," demikian Jerry.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA