Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indeks Demokrasi Jabar Masih Urutan 9, Kesbangpol Targetkan Naik ke Urutan 3 pada 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 25 November 2022, 05:36 WIB
Indeks Demokrasi Jabar Masih Urutan 9, Kesbangpol Targetkan Naik ke Urutan 3 pada 2023
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Barat, Iip Hidayat/RMOLJabar
rmol news logo Indeks Demokrasi Jawa Barat masih belum menggembirakan. Saat ini Jawa barat masih di urutan ke-9 dari 33 provinsi menurut hasil survei Indeks Demokrasi Indonesia (IDI).

"Rating Satu (1) masih berada di tempati Provinsi DKI Jakarta, kedua Jawa Timur, lanjut DIY, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Aceh, Sulawesi Utara, Lampung, yang terakhir baru Jabar," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Barat, Iip Hidayat di Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (24/11).

Menurutnya, Indeks Demokrasi erat kaitannya dengan hasil kinerja gubernur di suatu provinsi. Idealnya, kata Iip, urutan Indeks Demokrasi berbanding lurus dengan jumlah penduduk  Jawa Barat yang saat ini paling banyak dibanding semua provinsi yang ada di Indonesia.

"Karena IDI merupakan indikator kinerja utama Gubernur maka rating IDI identik dengan hasil kinerja Gubernur di suatu daerah," terangnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

"Dari IDI ini terlihat bagaimana sinergisitas antara eksekutif dan legislatif dalam melahirkan beberapa kebijakan dan peraturan daerah," lanjut Iip.

Oleh karena itu, ia bertekad meningkatkan Indeks Demokrasi Jawa Barat di masa-masa yang akan datang. Iip menargetkan, Jawa Barat ada di urutan 3 pada tahun depan.

Kegiatan ini digagas BP Perda DPRD Jabar dan Bakesbangpol. Bertujuan melihat salah satu indikator IDI.

Hadir sebagai peserta dari dalam dan luar negeri. Khususnya dari beberapa kedutaan seperti Kedubes Swedia, Canada, Australia, dan dari Universitas Padjajaran. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA