Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Begini Harapan Jokowi Usai Anwar Ibrahim Terpilih Jadi PM Malaysia

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 25 November 2022, 11:51 WIB
Begini Harapan Jokowi Usai Anwar Ibrahim Terpilih Jadi PM Malaysia
Anwar Ibrahim sebelum menjadi Perdana Menteri Malaysia dan Presiden RI Joko Widodo/Net
Terpilihnya pemimpin oposisi veteran Malaysia, Anwar Ibarahim, menjadi Perdana Menteri (PM) Malaysia ditanggapi Presiden RI Joko Widodo.

Jokowi menyambut baik terpilihnya Anwar Ibrahim usai terjadi kebuntuan politik dalam pemilu PM Malaysia, mengingat para kontestan baik Anwar Ibrahim maupun Muhyiddin Yassin tidak memenangkan mayoritas sederhana yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan.

"Atas nama pemerintah, atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya ingin mengucapkan selamat atas terpilihnya Yang Mulia sebagai Perdana Menteri kesepuluh Malaysia," ujar Jokowi dalam keterangan tertulis yang diposting laman setkab.go.id, Jumat (25/11).

Anwar Ibrahim ditetapkan dan dilantik menjadi PM Malaysia pada Kamis kemarin (24/11), setelah Raja bertemu dengan keluarga kerajaan dari sembilan negara bagian.

Bagi Jokowi sendiri, Anwar Ibrahim merupakan sosok yang dikenal luas di Indonesia dan dihormati oleh rakyat Indonesia.

Karena itu, mantan Walikota Solo ini menyampaikan harapannya kepada Anwar Ibrahim sebagai Wakil PM Malaysia yang baru, meski sudah pernah menjabat pada jabatan yang sama pada tahun 1990-an.

"Saya berharap kita dapat berjumpa segera untuk membahas upaya memperkokoh hubungan bilateral kita, baik ekonomi, masalah perbatasan, mengenai perlindungan warga negara kita," demikian Jokowi.

ARTIKEL LAINNYA