Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

KPU Umumkan Sura dan Sulu Terpilih Jadi Pemenang Maskot Pemilu 2024

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 25 November 2022, 15:48 WIB
KPU Umumkan Sura dan Sulu Terpilih Jadi Pemenang Maskot Pemilu 2024
KPU umumkan Sura dan Sulu jadi maskot Pemilu Seretak 2024/RMOL
Pemilu Serentak 2024 telah resmi memiliki maskot yang diseleksi melalui perlombaan maskot yang digelar sejak Oktober 2022.

Pengumuman pemenang perlombaan maskot Pemilu Serentak 2024 disampaikan anggota KPU RI, August Mellaz dalam jumpa pers di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/11).

Mulanya Mellaz menerangkan, jumlah desain maskot yang didaftarkan dalam perlombaan mencapai 681 desain dari total 540 orang pendaftar.

Dari jumlah itu, dia mengatakan bahwa dewan juri yang terdiri dari 2 orang internal dan 3 orang eksternal KPU RI melakukan penilaian untuk menetapakan desain maskot sesuai ketentuan.

"Yaitu keaslian, kreativitas, komunikatif, inspiratif, estetika, dan mencerminkan ke-Indonesian," ujar Mellaz.

Dari elemen-elemen yang menjadi poin penilaian itu, Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat ini menyebutkan, setelah tahapan semi final berhasil didapat 10 desain maskot unuk digunakan pada pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

"Dari hasil penilaian tersebut dengan beberapa kriteria yang saya sebutkan, akhirnya ada 1 orang pemenang terbaik yaitu maskot dengan nama Sura (Suara Rakyat dan Sulu (Suara Pemilu) karya Stefani," ucap Mellaz mengungkapkan.

Maskot tersebut nanti, lanjut Mellaz, akan diluncurkan pada acara konsolidasi nasional yang dilaksanakan KPU dengan melibatakan 6 ribu personel penyelenggara pemilu di Ancol pada 1 hingga 3 Desember 2024.

"Kita ucapkana selamat kepada Saudari Stefani, denganSura dan Sulu yang dipilih oleh dewan juri untuk pemenang maskot pemilu 2024," katanya.

"Terima kasih juga kepada dewan juri yang telah membantu kami," demikian Mellaz menambahkan. 

ARTIKEL LAINNYA