Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Geruduk Kementerian BUMN, Geber Harap Ada Atensi Presiden Jokowi untuk Copot Dirut MIND ID

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 25 November 2022, 16:47 WIB
Geruduk Kementerian BUMN, Geber Harap Ada Atensi Presiden Jokowi untuk Copot Dirut MIND ID
Massa Gerakan Bersih-bersih (Geber) geruduk Kementerian BUMN/Ist
Ratusan pemuda yang tergabung dalam Gerakan Bersih-bersih (Geber) kembali datangi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kehadiran mereka, untuk meminta Menteri BUMN Erick Thohir mencopot Hendi Prio Santoso yang saat ini menjabat Dirut PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) atau MIND ID.

Dikatakan koordinator aksi Anzas Pratama, tuntutan itu didasarkan pada dugaan jual beli saham oleh Hendi saat menjabat Direktur PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

"Kami terus melakukan aksi demonstrasi untuk menyampaikan tuntutan pencopotan Dirut MIND ID,” ujar Anzas kepada wartawan, Jumat (25/11).

Sejak 2014 lalu, dibeberkan Anzas, ada proses pembayaran akuisisi oleh Saka Energy dengan mengucurkan dana sekitar 70 juta dolar AS.

Transaksi dalam aksi korporasi itu dilakukan antara dua pihak, yakni Saka Energi Exploration Production BV (SEEPBV) dan Sunny Ridge Offshore Limited (SROL). Pada Desember 2014, dilakukan pembayaran dari Saka Energi EPBV ke rekening Sunny Ridge di Bank DBS Singapura.

"Transaksi yang sangat besar seharusnya menjadi perhatian serius yang harus segara ditangani oleh BUMN terkhusus Bapak Menteri Erick Tohir untuk memanggil, Hendi Prio Santoso, sebagai dalang utama terjadinya kerugian negara," tuturnya.

Bahkan, lanjutnya, kasus ini bukan hanya proses pembelian dan kepemilikan saham saja. Tetapi, juga terdapat denda dan pajak yang mesti diselesaikan oleh PT Saka Energi senilai total 255,4 juta dolar AS sebagaimana putusan Mahkamah Agung (MA).

Dengan menggelar aksi itu, Anzar berharap ada atensi dari Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Erick Thohir agar pemerintah bisa mengambil langkah cepat mencari penyesaian.

"Jangan ada kong kalikong untuk melindungi pejabat, segera copot Dirut MIND ID Hendi Prio Santoso," tandasnya.

ARTIKEL LAINNYA