Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hari Guru Nasional, Pimpinan Komisi X: Masih Banyak Guru Belum Terjamin Hak dan Kesejahteraan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 25 November 2022, 17:10 WIB
Hari Guru Nasional, Pimpinan Komisi X: Masih Banyak Guru Belum Terjamin Hak dan Kesejahteraan
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian/Net
rmol news logo Bertepatan dengan Hari Guru Nasional yang jatuh pada hari ini Jumat (25/11), Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengapresiasi para guru yang telah menjadi sosok teladan bangsa.

“Di depan memberi teladan, di tengah membangun kemauan, di belakang memberi dukungan moral adalah peran guru menurut Ki Hadjar Dewantara," ujar Hetifah kepada wartawan, Jumat (25/11).

"Karenanya, apresiasi kepada para guru yang bukan hanya telah memberikan ilmu pengetahuan, namun juga menjadi panutan akan keunggulan moral, etika, serta karakter kepada peserta didik,” imbuhnya.

Lebih lanjut, seiring dengan tema peringatan Hari Guru Nasional 2022 kali ini yakni "Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar", Hetifah berharap guru dapat terus menjadi teladan inovasi bagi siswa.

“Guru yang terus menyuntikkan semangat berinovasi dalam proses pembelajaran akan melahirkan siswa yang kreatif dan berkarya positif. Apalagi dengan Kurikulum Merdeka yang membuka ruang bagi guru untuk mengeksplorasi ide kreatifnya,” harapnya.

Namun demikian, legislator Partai Golkar ini juga turut menyoroti kasus kekerasan seksual, perundungan, dan intoleransi yang semakin merebak di dunia pendidikan.

“Tiga dosa pendidikan yang terus berulang menunjukkan bahwa pelajar Indonesia darurat moral dan etika. Selain harus menunjukkan teladan yang baik terhadap siswa, guru juga harus memastikan bahwa siswa juga menjalankan adab yang baik di lingkungan sekolah,” kata legislator Kaltim tersebut.

Terakhir, Hetifah berikan penghormatan bagi seluruh guru yang berkorban di pelosok negeri namun menjadi hutang besar bagi negara.

“Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa dan teladan yang sesungguhnya. Namun, ini menjadi PR besar bagi negara yang belum bisa memastikan seluruh guru terjamin hak dan kesejahteraannya,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA