Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Adi Prayitno: KIB Percaya Diri Koalisi Solid Sampai Pendaftaran Pilpres 2024

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 25 November 2022, 22:03 WIB
Adi Prayitno: KIB Percaya Diri Koalisi Solid Sampai Pendaftaran Pilpres 2024
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno/RMOL
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) percaya diri dengan kesolidan internal koalisi dalam menghadapi Pilpres 2024. Saat ini, KIB dinilai koalisi yang solid dibandingkan koalisi-koalisi lain yang diterpa sejumlah prahara internal.

Demikian analisa Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno lewat keterangannya kepada wartawan, Jumat (25/11).

"Tentunya KIB percaya diri sebagai poros solid sampai pendaftaran Pilpres 2024,” imbuh Adi Prayitno

Menurutnya, kesolidan itu dilatarbelakangi keberadaan Golkar, PAN, dan PPP yang berada di barisan yang sama. Koalisi itu juga sudah mengantongi tiket untuk mencalonkan pasangan capres dan cawapres.

"Alasannya karena ketiga partai sama-sama pendukung Jokowi yang sudah genap ambang presiden 20 persen dan belum terlihat ada gejolak apapun sampai sekarang, imbuhnya.

Adi menambahkan, kepercayaan diri itu terlihat dari pernyataan Ketum Golkar terkait adanya batas waktu bagi partai lain yang hendak bergabung dengan KIB. Kendati internal terus bergerak dinamis, KIB punya beberapa figur untuk dimajukan dalam Pilpres 2024.

"Yang jelas capres KIB ada nama Airlangga Hartarto yang definitif wajib maju. Tinggal nanti dikomunikasikan ke PAN dan PPP yang pastinya menyorongkan nama lain. PAN misalnya juga menyebut Zulhas akan diusung selain nama Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Erick Tohir. PPP juga begitu ada figur lain yang disebut selain Airlangga," tuturnya.

Untuk menentukan pasangan capres-cawapres, KIB bakal menempuh perundingan yang alot antar partai politik di dalamnya.

"Tinggal ketiga partai berunding, dari masing-masing jagoan capres yang disodorkan siapa kira-kira yang disetujui bersama maju pilpres. Tentu prosesnya alot,” demikian Adi.

ARTIKEL LAINNYA