Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Meski Ada Dukungan Buat Anies, PAN dan PPP Masih Solid di KIB

LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA
  • Jumat, 25 November 2022, 22:55 WIB
Meski Ada Dukungan Buat Anies, PAN dan PPP Masih Solid di KIB
Pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo/Net
Soliditas Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dipertaruhkan usai adanya simpatisan serta kader partai mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu Serentak 2024.

Hanya saja, pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo meragukan baik PAN dan PPP bakal berubah sikap hanya karena ada kadernya yang mengumumkan mendukung Anies.

"PPP dan PAN yang sudah bergabung di KIB tentu sudah ada komitmen sebelumnya. Karenannya, tidak serta merta akan terpengaruh oleh gerakan yang mengusung Anies sebagai capres," kata Karyono Wibowo kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (25/11).

Meski komitmen koalisi sejauh ini masih berjalan, Karyono tak memungkiri adanya kader partai di tingkat daerah yang lebih condong ke arah Anies.

Apalagi, KIB sejauh ini belum mengumumkan nama calon presiden dan calon wakil presiden.

"Meskipun, di satu sisi ada peluang untuk menaikkan posisi tawar politik. Menurut saya, PAN dan PPP tidak akan gegabah dalam membuat keputusan penting," tandasnya.

ARTIKEL LAINNYA