Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga: Keramahan Kota Pontianak Sambut Hangat Delegasi BIMP-EAGA 2022

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 26 November 2022, 20:53 WIB
Menko Airlangga: Keramahan Kota Pontianak Sambut Hangat Delegasi BIMP-EAGA 2022
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyambut hangat para chair dan delegasi rangkaian kegiatan Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-The Philippines-East Asean Growth Area (BIMP-EAGA) dalam dua hari terakhir.

Penyelenggaraan PTM BIMP-EAGA kali ini merupakan pertemuan secara langsung yang pertama kali setelah dua tahun terakhir hanya diadakan secara virtual.

“Saya senang kita bisa bersatu kembali dan mengadakan pertemuan langsung dengan anda semua malam ini. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Kalimantan Barat dan semua penduduk Kota Pontianak atas keramahannya,” ujar Menko Airlangga dalam jamuan makan malam yang diselenggarakan di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Jumat malam (25/11).

Forum BIMP-EAGA sendiri ditujukan untuk meningkatkan kerja sama subregional di antara 4 negara anggota di Kawasan Asia Tenggara yang mempunyai perbatasan wilayah berdekatan.

Hal tersebut, dikatakan Airlangga, juga terlihat pada logo PTM BIMP-EAGA tahun ini yang didesain dengan panah di sebelah kanan Tugu Khatulistiwa sebagai simbol filosofis untuk terus maju.

“Perekonomian BIMP-EAGA bergerak maju seiring pemulihan perekonomian subregional. Pemulihan ekonomi yang optimis terlihat dalam BIMP-EAGA, ditunjukkan dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi sebesar 1,5 persen pada 2021," terangnya.

"Pemulihan bertahap di subkawasan diharapkan dapat lebih dipercepat dan didukung oleh kebangkitan pariwisata seiring dengan perbaikan kondisi pandemi,” imbuh Ketua Umum Partai Golkar ini.

Kata Airlangga, komitmen dalam mengoptimalkan momentum menuju pemulihan harus dipenuhi dengan upaya berkelanjutan. Selain itu, memperluas kolaborasi dan memperdalam kerja sama dengan semua pemangku kepentingan juga tetap diperlukan guna mencapai visi bersama bagi masa depan yang berkelanjutan.

Sinergi untuk memperkuat konektivitas subregional dan mempercepat transisi menuju ekonomi yang lebih hijau diwujudkan dalam tema BIMP-EAGA tahun ini yakni “Mendukung Daya Saing dan Ketahanan Iklim.”

“Tapi untuk saat ini nikmati makan malam Anda yang lezat, budaya Kalimantan Barat yang indah. Semoga keempat negara dapat mencapai apa yang sudah kita diskusikan dalam Ministerial Retreat. Jangan lupa juga untuk membeli suvenir dari Pontianak ini,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA