Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Samuel Silaen: Jokowi Sedang Galau dan Takut Proyeknya Mangkrak Setelah Lengser

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 28 November 2022, 11:26 WIB
Samuel Silaen: Jokowi Sedang Galau dan Takut Proyeknya Mangkrak Setelah Lengser
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo/Net
rmol news logo Ada kegalauan yang diperlihatkan Joko Widodo menuju akhir masa jabatannya sebagai Presiden Indonesia.

Kegalauan Presiden Jokowi terlihat pada narasi-narasi pidato yang kerap mewanti-wanti masyarakat untuk berhati-hati dalam memilih Presiden 2024.

"Di beberapa kesempatan panggung politik tanah air, sambutan presiden menitikberatkan soal jangan sampai salah pilih pemimpin yang diasosiasikan dengan calon presiden di 2024 nanti," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Studi Masyarakat dan Negara (Laksamana), Samuel F Silaen kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (28/11).

Bagi Silaen, kegalauan presiden tidak berlebihan. Sebab di era pemerintahannya, Jokowi sedang rajin melakukan pembangunan dari pinggiran demi pemerataan kehidupan masyarakatnya. Tugas ini tentu tidak mudah dan membutuhkan waktu lama.

Apa yang Presiden Jokowi khawatirkan cukup beralasan kuat karena punya pengalaman real saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Saat itu, Jokowi memprioritaskan program mengatasi banjir, yakni normalisasi. Namun saat ia digantikan wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, program tersebut tidak dilanjutkan dan justru diganti dengan istilah naturalisasi.

"Inilah yang menjadi salah satu kekhawatiran Jokowi di akhir masa jabatannya. Sebab presiden Jokowi tidak mau pembangunan yang telah dia gagas dan kerjakan jadi mangkrak ketika penerusnya bukan figur yang segaris dengan visi misi Jokowi," tutup Silaen. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA