Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Relawan Jokowi Bisa Gunakan SUGBK, Menpora: Belum Renovasi untuk Piala Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 28 November 2022, 14:09 WIB
Relawan Jokowi Bisa Gunakan SUGBK, Menpora: Belum Renovasi untuk Piala Dunia
Menpora Zainudin Amali/Net
rmol news logo Acara Nusantara Bersatu yang menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu kemarin (26/11), memicu banyak pertanyaan publik. Bagaimana bisa, sarana yang dipersiapkan untuk venue Piala Dunia U20 itu bisa dipakai oleh kelompok relawan dan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo.

Terkait hal ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menjelaskan bahwa SUGBK belum menjalani renovasi untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

"Kalau mereka (Kementerian PUPR) sudah masuk, nah sampai dengan selesainya event (Piala Dunia U-20) itu tidak boleh digunakan. Yang kemarin kan PU (Kementerian PUPR) belum masuk, belum mulai. Jadi ukurannya itu," jelas Amali di Jakarta, Senin (28/11).

Lebih lanjut Amali mengklarifikasi pernyataannya beberapa waktu lalu yang menyebut SUGBK, tidak boleh digunakan hingga penyelenggaraan Piala Dunia U20 usai pada 2023. Amali berdalih, pernyataannya pada 2 November 2022 itu menyebutkan kondisi jika SUGBK telah memasuki masa renovasi.

"Apa yang pernah saya sampaikan beberapa waktu, kalau renovasi sudah dimulai. Renovasi itu ditandai oleh tim dari PUPR masuk ke GBK, ke Stadion Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan Solo, Stadion GBT Surabaya, Stadion Wayan Dipta Bali, dan Jakabaring Palembang," paparnya.

Ditambahkan Amali, renovasi stadion sepak bola yang akan menjadi venue Piala Dunia U20 akan dimulai pada Desember 2022.

Sebelumnya, gabungan relawan Jokowi menggelar acara Nusantara Bersatu yang dihadiri oleh ribuan orang pada Sabtu (26/11) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Penggunaan SUGBK oleh ribuan relawan tersebut memunculkan pertanyaan karena sebelumnya Menpora Amali menyebut bahwa stadion kebanggaan Indonesia itu tak boleh digunakan. Bahkan oleh Tim Nasional Indonesia di Piala AFF 2022, karena akan dipersiapkan menjelang Piala Dunia U-20.

Tetapi, tiba-tiba ribuan relawan bisa berkumpul di tempat yang katanya tak boleh digunakan itu. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA