Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nazaruddin Nasution: KAHMI Punya Jaringan Luas, Bukan Hanya Menghimpun Politisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 28 November 2022, 14:37 WIB
Nazaruddin Nasution: KAHMI Punya Jaringan Luas, Bukan Hanya Menghimpun Politisi
Munas KAHMI telah memilih 9 anggota Presidium MN KHAMI periode 2022-2027/Ist
rmol news logo Terpilihnya sembilan orang Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) tidak membuat senang tokoh seniornya.

Salah satu yang kecewa pada hasil Munas KAHMI itu adalah Nazaruddin Nasution. Dia menyesalkan dari sembilan orang itu terpilih delapan di antaranya adalah politisi.

"KAHMI memiliki jaringan yang sangat luas. Bukan hanya menghimpun para politisi, tetapi juga akademisi, birokrat, serta praktisi dan pengusaha," ujar Nazaruddin kepada wartawan, Senin (28/11).

Menurut mantan Sekjen HMI itu, dominannya politisi dalam presidium itu menunjukkan KAHMI yang seharusnya menjadi wadah akademisi, berubah menjadi penggalangan politik.

"KAHMI sebagai wadah intelektual Muslim telah menjadi arena pertarungan politik menjelang tahun 2024,  yaitu  tahun politik yang diperkirakan akan menentukan masa depan Indonesia," tuturnya.

Musyawarah Nasional (Munas) XI KAHMI berhasil memilih sembilan orang anggota presidium periode 2022-2027. Mereka terpilih dari 38 nama calon presidium yang ditetapkan pimpinan sidang dan disepakati peserta munas.

Pemilihan diikuti 511 peserta penuh dari majelis wilayah, majelis daerah dan majelis perwakilan luar negeri. Pemilihan dilaksanakan dengan menggunakan sistem elektronik.

Dilihat dari komposisi nama-nama yang terpilih, presidium KAHMI 2022-2027 didominasi politikus atau kader partai politik.

Ke-9 nama tersebut adalah Ahmad Doli Kurnia (Golkar) dengan 417 suara; Ahmad Yohan (PAN) 343 suara; Herman Khaeron (Demokrat) 318 suara,;Saan Mustopa (Nasdem) 316 suara; M. Rifqinizamy Karsayuda (PDIP) 311 suara; Abdullah Puteh (anggota DPD dari Aceh) 295 suara; Romo H.R. Muhammad Syafii (Gerindra) 290 suara; Zulfikar Arse Sadikin (Golkar) 284 suara; dan Sutomo 278 suara.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA