Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Mensesneg Akui Pertimbangan Penunjukkan Yudo Margono sebagai Calon Panglima TNI Salah Satunya Rotasi Matra

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 28 November 2022, 17:56 WIB
Mensesneg Akui Pertimbangan Penunjukkan Yudo Margono sebagai Calon Panglima TNI Salah Satunya Rotasi Matra
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno/RMOL
Tradisi rotasi matra TNI menjadi salah satu pertimbangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa dibenarkan pihak Istana.  

“Bisa jadi salah satu pertimbangannya. Saya rasa itu salah satulah pertimbangannya,” ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, usai menyerahkan Surat Presiden (Surpres) ke DPR RI di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11).

Namun demikian, Pratikno menegaskan, para calon Panglima TNI dari matra lainnya pun sudah dianggap memenuhi syarat sebagai pengganti Jenderal Andika Perkasa.

“Saya rasa itu salah satulah pertimbangannya. Kalau semuanya kan sudah memenuhi syarat,” imbuh Pratikno.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani mengumumkan bahwa KSAL Laksamana Yudo Margono dipilih Presiden Joko Widodo menjadi calon tunggal Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Keputusan itu tertera dalam Surpres terkait pergantian Panglima TNI yang dibawa langsung Menesneg Pratikno ke DPR RI pada Senin sore (28/11).

“Saya akan mengumumkan nama yang diusulkan menggantikan Panglima Jenderal Andika Perkasa adalah, ini sesuai yang ada di dalam surat ya, adalah Laksamana Yudo Margono yang sekarang menjabat sebagai KSAL,” kata Puan Maharani saat jumpa pers di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA